SOLOPOS.COM - Gua Kisendo. (Kulonprogokab.go.id)

Solopos.com, KULON PROGO — Gua Kiskendo merupakan salah satu objek wisata yang perlu disambangi saat berada di Kabupaten Kulon Progo, DIY. Gua Kiskendo menyimpan sejumlah misteri yang menarik untuk diketahui.

Gua ini terletak di Dusun Sukamaya, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Di sini pengunjung dapat berswafoto dengan sejumlah patung kera. Wisatawan juga dapa menikmati suasana pemandangan alam yang masih asri.

Promosi Tragedi Bintaro 1987, Musibah Memilukan yang Memicu Proyek Rel Ganda 2 Dekade

Dikutip dari laman resmi Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, kulonprogokab.go.id Minggu (20/2/2022), keberadaan Gua Kiskendo tak lepas dari sosok pertapa bernama Ki Gondoria. Sang pertapa itu menemukan gua tahun 1700-an. Ia kemudian menjadi juru kunci pertama di gua keramat ini.

Baca Juga: Misteri Nyi Roro Kidul di Gunung Kombang Malang

Menurut cerita yang beredar, pada satu malam Ki Gondoria bermimpi memasuki sebuah kerajaan. Di dalam mimpinya, ia memperoleh petunjuk untuk menamai 15 ruangan di dalam Gua Kiskendo, Kulon Progo yang menyimpan misteri ini. Si pertapa kemudian melaksanakan petunjuk tersebut setelah terbangun dari tidur.

Di sisi lain, warga setempat memiliki beberapa versi tentang latar belakang gua tersebut. Versi pertama menyebut Gua Kiskendo pada zaman dahulu ialah kerajaan yang dipimpin Raja Mahesusoro.

Baca Juga: Mitos Putri Mayang Sari, Sosok Perempuan Cantik yang Sakti dari Jember

Versi lain menyebutkan bahwa Gua Kisendo merupakan duplikat dari salah satu gua di India. Hingga kini, gua ini kerap dijadikan sebagai tempat tirakat atau bertapa. Pengunjung yang ingin memasuki objek wisata ini perlu mengetahui sejumlah pantangan, antara lain menghina dan merusak gua, membuang sampah sembarangan, dan tidak boleh berbuat hal yang melanggar norma.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya