Misteri Gerbang Istana Ratu Kidul di Pantai Parangkusumo Jogja

Pantai Parangkusumo di Bantul, DIY, merupakan destinasi wisata populer di Jogja yang diklaim sebagai gerbang menuju Istana Ratu Kidul.
Misteri Gerbang Istana Ratu Kidul di Pantai Parangkusumo Jogja
SOLOPOS.COM - Sejumlah abdi dalem Keraton Jogja berdoa dalam upacara Labuhan Parangkusumo di Pantai Parangkusumo, Bantul, DIY. (Antara Foto/Andreas Fitri Atmoko)

Solopos.com, BANTUL — Pantai Parangkusumo di Kabupaten Bantul, DIY, merupakan destinasi wisata populer Jogja yang menyimpan segudang misteri. Pantai ini diyakini sebagai gerbang menuju istana Ratu Laut Selatan atau biasa disebut Nyi Roro Kidul.

PromosiMengenal Primata Endemik Pulau Jawa yang Dikenal Cerdas Namun Pemalu

Dikutip dari Antara, Jumat (14/1/2022), pantai ini merupakan tempat Danang Sutawijaya alias Panembahan Senopati bertapa. Di sanalah dia kemudian bertemu dengan Ratu Pantai Selatan.

Baca juga: Ritual Malam Keramat Selasa & Jumat Kliwon di Pantai Parangkusumo

Dalam Babad Tanah Jawi disebutkan Danang Sutawijaya bertapa karena ingin menjadi Raja Mataram. Di tengah tapa dia bertemu dengan Ratu Kidul yang berjanji membantu mengabulkan keingiannya serta menjaga ketentraman rakyat Mataram hingga turun temurun.

Panembahan Senopati kemudian diajak Ratu Kidul ke istananya di dasar samudra. Setelah itu terjalinlah cinta antara keduanya yang menjadi awal kisah pernikahan spiritual Kanjeng Ratu Kidul dengan Panembahan Senopati.

Baca juga: Asal Usul Jumat Kliwon Jadi Malam Keramat

Setelah keinginannya menjadi Raja Mataram terkabul, Panembahan Senopati secara rutin memberikan persembahan untuk Ratu Kidul melalui upacara labuhan di Pantai Parangkusumo. Ritual ini merupakan permohonan menghilangkan sifat buruk dengan melarung barang-barang ke laut selatan.

Berawal dari ritual itulah sampai saat ini pantai yang berjarak sekitar 30 km dari pusat Kota Jogja itu dianggal sakral dan keramat. Setiap malam Selasa dan Jumat Kliwon banyak warga yang datang untuk berziarah.


Berita Terkait
    Berita Lainnya
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago