SOLOPOS.COM - Pemandangan danau linting. (Instagram/@danaulinting_)

Solopos.com, DELI SERDANG — Keindahan alam di Sumatra Utara sudah tidak diragukan seperti Danau Toba yang terkenal sebagai danau vulkanik terbesar di dunia. Objek wisata lain yang tak kalah ciamik yaitu Danau Linting, Deli Serdang yang memiliki daya tarik dan menyimpan sejumlah misteri.

Dikutip dari laman resmi Pemkab Deli Serdang, Rabu (22/12/2021), Danau Linting terletak di tiga desa, Desa Sibunga-bunga, Desa Durian IV Mbelang, dan Desa Gunung Manumpak, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda Hulu (STM). Objek wisata ini terdapat pohon-pohon beringin di sekelilingnya membuat kesan eksotis.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Cerita mistis Danau linting ini mencuat setelah tidak ada seorang pun yang mengetahui kedalamannya. Pengelola pun memberikan aturan untuk tidak berenang di tengah danau agar tidak membahayakan keselamatan pengunjung.

Baca Juga: Mitos Angka 13 Dianggap Pembawa Sial, Ini Penjelasannya

Seorang peneliti pernah mengukur manual kedalaman danau linting dengan benang. Namun, tiga gulungan benang sepanjang 100 meter tak kunjung menyentuh dasar danau. Masyarakat sekitar menduga bagian tengah Danau Linting yang masih menjadi misteri itu berbentuk seperti sumur yang dalam.

Dikutip dari Inews, air Danau Linting terasa hangat dan dapat berubah-ubah warna. Saat berendam di tepi danau, Anda bisa merasakan relaksasi air dengan suhu sekitar 30 derajat celcius. Air danau ini terkadang berubah menjadi warna hijau, biru, dan juga perpaduan hijau-biru.

Perubahan warna pada air danau diduga dari efek belerang yang terkandung di dalamnya. Namun, terbentuknya danau tersebut masih banyak yang belum mengetahui. Pasalnya, lokasi Danau Linting dengan gunung berapi cukup jauh.

Baca Juga: Kisah Tragis Roro Oyi, Disukai Lalu Dibunuh Pangeran Tejoningrat

Air danau linting ini tidak berbau belerang. Anehnya, jika dicicipi terasa belerangnya dan belum diketahui asal mulanya.

Tempat Rekreasi

Terlepas dari misteri terbentuknya Danau Linting yang belum jelas, danau ini sangat cocok untuk dijadikan tujuan berekreasi dengan cukup merogoh kocek Rp5.000 per orang. Selain bisa merasakan hangatnya air danau, Anda juga bisa menikmati aneka jajanan yang dijual dengan harga terjangkau sembari melihat pemandangan danau. Untuk sekedar menikmati suasana syahdu dan sejuknya Danau Linting bisa juga dengan menyewa tikar seharga Rp20.000.

Baca Juga: Misteri Pohon Bolong Gunung Kerinci, Konon Jadi Tempat Menyimpan Jasad

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya