SOLOPOS.COM - Oei Tiong Ham. (Wikipedia)

Solopos.com, SEMARANG — Pengusaha terkaya se-Asia Tenggara kelahiran Semarang, Jawa Tengah, Oei Tiong Ham, memiliki sederet peninggalan berharga. Salah satunya adalah brankas tua.

Lemari besi penyimpan uang dan harta berharga itu tersimpan di Restoran Pringsewu Semarang yang berlokasi di Jl Suari, Kota Lama. Total ada dua brankas milik Oei Tiong Ham di sana yang dapat dijadikan spot berfoto.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dihimpun dari berbagai sumber, Selasa (25/1/2022), brankas tersebut bisa diliihat oleh pengunjung restoran. Brankas ini diduga dipakai untuk menyimpan harta berharga dari sang pengusaha terkaya se-Asia Tenggara di zaman Belanda itu.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca juga: Misteri Hantu Cantik di Istana Pengusaha Terkaya ASEAN di Semarang

Dikabarkan sebelumnya, Oei Tiong Ham adalah seorang pengusaha keturunan Tionghoa yang dijuluki sebagai Raja Gula Asia. Selain itu dia juga seorang makelar tanah yang sukses.

Oei Tiong Ham ini memiliki berbagai peninggalan bersejarah yang tersebar di Semarang. Salah satunya adalah brankas di Restoran Pringsewu Kota Lama.

Baca juga: Ini Deretan Peninggalan Pengusaha Terkaya Se-Asia Tenggara di Semarang

Bangunan yang kini dipakai untuk restoran itu pernah terbakar hebat. Saking dahsyatnya amukan si jago merah, keramik berusia lebih dari 150 tahun di sana menghitam dan tidak bisa dihilangkan.

Meski demikian, wujud keramik itu masih dipertahankan. Sebab, pola keramik itu membuat ruangan terlihat semakin indah yang bisa dinikmati pengunjung restoran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya