Misteri Brankas Pengusaha Terkaya ASEAN di Semarang, Apa Isinya?

Pengusaha terkaya se-Asia Tenggara di zaman Belanda, Oei Tiong Ham, meninggalkan dua brankas di Kota Semarang, Jawa Tengah.
SHARE
Misteri Brankas Pengusaha Terkaya ASEAN di Semarang, Apa Isinya?
SOLOPOS.COM - Oei Tiong Ham. (Wikipedia)

Solopos.com, SEMARANG — Pengusaha terkaya se-Asia Tenggara kelahiran Semarang, Jawa Tengah, Oei Tiong Ham, memiliki sederet peninggalan berharga. Salah satunya adalah brankas tua.

Lemari besi penyimpan uang dan harta berharga itu tersimpan di Restoran Pringsewu Semarang yang berlokasi di Jl Suari, Kota Lama. Total ada dua brankas milik Oei Tiong Ham di sana yang dapat dijadikan spot berfoto.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Dihimpun dari berbagai sumber, Selasa (25/1/2022), brankas tersebut bisa diliihat oleh pengunjung restoran. Brankas ini diduga dipakai untuk menyimpan harta berharga dari sang pengusaha terkaya se-Asia Tenggara di zaman Belanda itu.

Baca juga: Misteri Hantu Cantik di Istana Pengusaha Terkaya ASEAN di Semarang

Dikabarkan sebelumnya, Oei Tiong Ham adalah seorang pengusaha keturunan Tionghoa yang dijuluki sebagai Raja Gula Asia. Selain itu dia juga seorang makelar tanah yang sukses.

Oei Tiong Ham ini memiliki berbagai peninggalan bersejarah yang tersebar di Semarang. Salah satunya adalah brankas di Restoran Pringsewu Kota Lama.

Baca juga: Ini Deretan Peninggalan Pengusaha Terkaya Se-Asia Tenggara di Semarang

Bangunan yang kini dipakai untuk restoran itu pernah terbakar hebat. Saking dahsyatnya amukan si jago merah, keramik berusia lebih dari 150 tahun di sana menghitam dan tidak bisa dihilangkan.

Meski demikian, wujud keramik itu masih dipertahankan. Sebab, pola keramik itu membuat ruangan terlihat semakin indah yang bisa dinikmati pengunjung restoran.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago