SOLOPOS.COM - Panorama Air Terjun Kedung Kayang dengan latar Gunung Merapi dan Gunung Merbabu (Instagram/@kedungkayangwaterfall)

Solopos.com, SEMARANG — Gunung Merbabu yang membentang di tiga kabupaten di Jawa Tengah menyimpan sederet kisah misteri, salah satunya keberadaan bank gaib. Konon, seseorang bisa mendapat uang secara instan hanya dengan melakukan serangkaian ritual di sana.

Berdasarkan penelusuran Solopos.com, Selasa (7/6/2022), fenomena mistis ini dikenal dengan bank gaib. Fenomena ini diceritakan oleh seorang pendaki bernama Mbah Steve yang menceritakan bahwa dia menemukan keberadaan bank gaib tersebut dan sempat melihat keberadaan tumpukan uang saat sedang melakukan pendakian.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun, saat itu tidak mengambil uang karena memang tidak berniat untuk melakukan ngalap berkah atau pesugihan. Konon, di mata orang awam, tumpukan uang itu sebenarnya hanya terlihat seperti  dedaunan biasa. Hanya beberapa orang saja yang mampu melihat tumpukan daun itu sebagai uang.

Bank gaib di Gunung Merbabu ini juga dipercaya bisa menjadi rezeki nomplok. Tetapi jika mereka yang mengambil uang tersebut tidak disertai dengan ritual tirakatan, maka uang tersebut akan berubah menjadi daun. Untuk mendapatkan uang tersebut harus diawali dengan niat kuat dalam memperoleh rezeki.

Selain itu diperlukan kesabaran tinggi dan perlu beberapa kali berziarah ke tempat di mana tumpukan uang itu terlihat. Biasanya, semakin kuat niat untuk mendapat rezeki, semakin sering ziarah dilakukan. Biasanya ritual ini dilakukan hingga tujuh kali untuk bisa melihat tumpukan uang dari bank gaib di Gunung Merbabu itu.

Baca juga: Tidur Sejak Abad ke-16, Apakah Gunung Merbabu Masih Aktif?

Dalam pengambilan uang juga perlu petunjuk yang biasanya muncul dalam mimpi. Selain itu, pengambilan uang di ‘bank gaib’ ini menggunakan sistem balas jasa.

Jika biasanya balas jasa berupa nyawa, namun di bank gaib Gunung Merbabu ini balas jasanya bisa lebih ringan. Seperti melakukan penghijauan di kawasan hutan Gunung Merbabu atau perbaikan pondok-pondok yang bermanfaat bagi para peziarah dan pendaki.

Baca Juga: 4 Gunung di Jawa Tengah Ini Simpan Harta Karun

Gunung Merbabu merupakan salah satu gunung yang menjadi destinasi perburuan harta karun berupa bank gaib tersebut. Bahkan banyak paranormal yang mendapat petunjuk menjalankan tirakat di sana untuk menemukan lokasi bank gaaib tersebut.

Sedangkan tanda-tanda mendapatkan uang gaib bisa dideteksi dengan adanya aroma uang dan juga telapak tangan yang terasa gatal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya