SOLOPOS.COM - Jembatan Kretek Dua yang berada di Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) Kabupaten Bantul, DIY, jembatan yang dibangun di atas aliran Sungai Opak itu menghubungkan semua pantai selatan di Bantul. (Solopos.com-Antara/Humas Pemkab Bantul)

Solopos.com, BANTUL — Aksi vandalisme terjadi di Jembatan Kretek II, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Padahal, jembatan tersebut rencananya baru akan menjalani uji coba laik jalan pada pekan depan.

Aksi vandal atau perusakan itu diketahui petugas Dinas Perhubungan Bantul saat meninjau situasi dan kondisi Jembatan Kretek II pada Jumat (27/1/2023).

Promosi Sejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Bantul, Sri Harsono, mengatakan jawatannya belum menentukan hari yang tepat untuk melakukan uji coba.

“Pekan depan kami lakukan uji coba laik jalan fungsional Jembatan Kretek II. Bisa Senin atau Selasa,” kata Sri dihubungi pada Jumat (27/1/2023).

Sri mengatakan terdapat dua hal penting dalam hal lalu lintas yang dia dapatkan setelah meninjau Jembatan Kretek II. Pertama adalah rambu lalu lintas. Rambu-rambu sepanjang jalan Jembatan Kretek II tersebut ternyata sudah ada yang mencorat-coret.

“Rambu-rambu di sepanjang Jembatan Kretek II itu rawan vandal. Terbukti, tadi itu ada dua rambu yang kena coretan. Nah, ini kan sebetulnya ada sanksi pidana. Hanya saja kami belum menerapkan sanksi tersebut,” katanya.

Hal kedua yang tidak kalah penting adalah perlu ditempatkannya rambu simpang prioritas di simpang empat Depok.

“Perhatian kedua, di timur Jembatan [Kretek II] itu kan ada simpang empat Depok. Itu kan masih perlu tambahan rambu. Namanya rambu simpang prioritas. Terutama pengunjung yang mau berwisata ke Depok dari arah Utara kan lurus ke Selatan. Dari arah Utara belum ada rambu simpang prioritas,” ucapnya.

Dalam perspektif lalu lintas, kata Sri, hal tersebut menjadi upaya untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas. Pemasangan rambu simpang prioritas tersebut akan dilakukan di bagian timur dan barat Jembatan Kretek II.

Apabila Jembatan Kretek II telah terhubung dengan Kabupaten Kulonprogo dan Gunungkidul, Dishub Bantul akan memasang lampu APILL untuk mengurangi kepadatan lalu lintas.

“Jalan yang menghubungkan kabupaten Bantul ke Kabupaten Kulonprogo dan Gunungkidul kan belum disambung. Artinya nanti [perhatian utama] baru ke bagian Timur dan Barat jembatan. Nanti, seandainya dari Bantul tersambung ke Gunungkidul dan Kulonprogo, ketika di situ crowded, maka akan kami pasang lampu apill,” lanjutnya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Belum Resmi Dibuka, Rambu-Rambu di Jembatan Kretek II Sudah Dicoret-coret

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya