Mirip Punya Pemkot, Di Keraton Solo Juga Ada Wahana Kereta Listrik Lho

Di kawasan wisata Keraton Solo ada wahana baru kereta listrik yang bentuknya mirip kendaraan listrik wisata milik Pemkot Solo, mau coba?
SHARE
Mirip Punya Pemkot, Di Keraton Solo Juga Ada Wahana Kereta Listrik Lho
SOLOPOS.COM - Kereta listrik bergaya klasik yang dikelola perorangan melintas di kawasan wisata kompleks Keraton Solo, Senin (16/5/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Pengunjung kawasan wisata Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat di Kota Solo semakin dimanjakan dengan berbagai fasilitas dan wahana. Setelah sebelumnya ada skuter listrik yang bisa disewa, kini tersedia juga kereta listrik.

Kereta tersebut mirip dengan yang dioperasikan Pemkot Solo, namun berbeda pengelola. Kereta listrik itu baru beroperasi sejak Sabtu (14/5/2022) dengan tarif Rp60.000 per putaran.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Rute yang dilewati mulai dari Keraton Solo hingga Alun-alun Kidul Solo dan kembali ke Keraton. Pemilik kereta listrik, Aji, mengatakan sudah sejak September 2021 menjalankan bisnis penyewaan skuter listrik. Kini dia ingin menambah variasi hiburan untuk pengunjung kawasan wisata Keraton Solo.

Surat untuk Bunda Selvi Gibran

“Yang berkunjung ke Keraton mungkin kan orang bosen, hiburannya itu-itu saja. Kami berinisiatif menciptakan hal baru, hal yang menarik,” jelasnya saat diwawancarai Solopos.com di titik kumpul penyewaan skuter di barat Keraton Solo, Senin (16/5/2022).

Satu unit kereta listrik didatangkan langsung dari perajin di Jawa Timur pada Jumat (13/5/2022) lalu. Pertama beroperasi Sabtu mulai pagi pukul 09.00 WIB hingga sore pukul 17.30 WIB, kereta melayani dalam kurun waktu 15 menit sekali putaran.

Baca Juga: Asyik, Wisatawan Kini Bisa Keliling Keraton Solo Naik Skuter Listrik

“Ini kami by order dari perajin dari Jawa Timur. Datang Jumat malam. Sabtu kami mulai jalankan. Mesinnya pakai komponen baterai, komponen dinamo, komponen kontroler, charger listrik,” terang lelaki berusia 28 tahun itu.

Untuk kekuatan baterainya, Aji mengatakan kereta listrik yang menjadi wahana baru di kawasan wisata Keraton Solo itu mampu bertahan hingga enam sampai tujuh kali putaran sekali  charge penuh.

Baterai Cadangan

“Kemarin kan kami trial, itu kalau sepaket baterai enam sampai tujuh putaran. Kami punya cadangan baterai, jadi pas habis kami pasang yang baru [tidak perlu menunggu di-charge],” kata pria asal Purwosari, Solo, itu.

Baca Juga: Ini Tarif Naik Skuter Listrik di Keraton Solo, Murah Lho

Antusiasme pengunjung selama dua hari beroperasi ini, menurut Aji, cukup tinggi, karena sebagian besar penyewa sudah mengetahui dari Instagram @skuterin.soc. Aji ingin melihat antusiasme pengunjung terhadap kendaraan listrik baru miliknya itu.

“Rencana penambahan insyaallah ada, cuma ini kan lihat antusiasmenya dulu. Kami sudah posting di Instagram, antusiasmenya sudah banyak sih,” ucapnya.

Selain mempromosikan kereta listrik untuk kawasan wisata Keraton Solo itu melalui media sosial, kata Aji, orang-orang mengetahuinya dari tukang foto yang mengarahkan langsung ke titik kumpul penyewaannya.

Baca Juga: Penasaran Isi Kamar Pangeran Dan Putra Mahkota Keraton Solo? Intip Yuk!

“Kadang kan dari temen-temen itu biasanya ada tukang foto, terus diarahin ke sini, gitu,” tambahnya. Penyewaan kereta listrik buka setiap hari. Menurut Aji, Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional merupakan puncak ramai pengunjung.

“Buka setiap hari, karena kami kan prime time-nya Sabtu, Minggu, hari libur,” jelasnya.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago