SOLOPOS.COM - Kasi Penegak Perda Satpol PP Kota Madiun, Agus Wuryantoro menunjukkan miras yang berhasil disita dari pedagang ilegal. (JIBI/Solopos/Aries Susanto)

Miras oplosan yang banyak merenggut korban jiwa tidak dibuat sendiri oleh penjualnya. Mereka kulakan dari luar kota.

Madiunpos,com, KOTA MADIUN –Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Madiun belum lama ini berhasil meringkus penjual minuman keras jenis arak jawa (putihan) di area Kota Madiun. Minuman keras tradisional tersebut rupanya didapat pedagang dari pusat pembuatan ciu di Desa Bekonang, Mojolaban, Sukoharjo, tak jauh dari Kota Solo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kasi Penegak Perda Satpol PP Kota Madiun, Agus Wuryantoro, mengatakan arak jawa yang populer disebut Arjo [singkatan dari arak jowo] tersebut diangkut pedagang ke Kota Madiun mengendarai kendaraan pick up. Saat diangkut, Arjo masih dalam bentuk kemasan jeriken. Lalu ketika dijual dalam bentuk eceran, sudah dikemas dalam bentuk botolan.

“Tapi, ada juga yang membeli dari Bekonang dalam bentuk botolan kemasan yang sudah ada mereknya,” paparnya ketika ditemui Madiunpos.com, di ruang kerjanya, Rabu (21/1/2015).

Para pedagang Arjo itu menjual secara sembunyi-sembunyi, dari mulut ke mulut. Pedagangnya menyimpan Arjo di dalam rumah sehingga tak ada kesan sedang berjualan. “Tapi melalui laporan warga setempat, kami pun melakukan penyeledikan. Ternyata benar,” paparnya.

Di Desa Bekonang, Mojolaban, Sukoharjo, para pengrajin alkohol tak mengenal istilah Arjo. Mereka menyebutnya dengan istilah ciu, alias sisa sulingan pembuatan alkohol, sebuah usaha industri rumah tangga yang cukup terkenal dan besar di Sukoharjo.

Namun, ciu yang sebenarnya adalah sisa sulingan pembuatan alkohol itu justru banyak disalahgunakan. Bahkan, banyak yang didistribusikan ke luar daerah, salah satunya ialah ke Kota Madiun. “Kalau di sini disebut arak putihan atau arak jawa. Nah, pemakaiannya dengan dicampur cem-ceman orok kidang atau tangkur buaya. Bahkan ada juga yang pakai anak tikus,” sambungnya.

Agus menjelaskan, cem-ceman anak binatang kidang tersebut dimasukkan ke dalam sebuah botol bercampur arak putih. Lalu, dibiarkan selama berhari-hari bahkan berminggu-minggu hingga terjadi persenyawaan antara orok kidang atau orok tikus dengan arak yang mengandung alkohol melampaui 5% itu.

“Anehnya, orok binatang itu tidak bau atau menjadi bangkai. Itulah barangkali yang diyakini peminum bisa meningkatkan vitalitas,” paparnya.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk update informasi Madiun Raya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya