SOLOPOS.COM - Ilustrasi merebus masakan. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Harga minyak goreng sedang mahal, mungkin sekarang adalah saat yang tepat untuk mengubah cara memasak tanpa digoreng untuk menghemat pemakaian minyak goreng. Ya, untuk keperluan konsumsi rumah tangga sebenarnya Anda bisa mengurangi goreng-menggoreng makanan.

Patut diingat bahwa makanan yang digoreng mengandung lemak dan kolesterol dalam jumlah yang sangat tinggi. Konsumsi secara rutin atau berlebih membuat Anda berisiko lebih besar untuk mengalami berbagai masalah kesehatan. Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berikut ini alternatif cara memasak sekaligus olahan sehat tanpa digoreng menggunakan minyak seperti dikutip dari hellosehat.com pada Senin (21/3/2022):

1. Mengukus

Cara memasak sehat tanpa digoreng adalah mengukus. Lauk yang dikukus alias ditim, misalnya daging ikan dan ayam, memiliki kadar lemak dan kolesterol yang lebih rendah. Selain itu, masak lauk-pauk dengan cara dikukus juga bisa membuat lauk pilihan Anda menjadi lebih harum.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Wah, 20 Pelaku Usaha Dipanggil Terkait Dugaan Kartel Minyak Goreng

2. Membuat pepes

Masakan berbahan ikan, jamur, dan tahu bisa tetap terasa gurih tanpa harus digoreng. Caranya, olah makanan ini dengan bumbu dan rempah di dalam balutan daun pisang. Kukuslah selama beberapa menit hingga ikan matang menjadi pepes yang lezat.

3. Bacem

Masakan khas Jawa Tengah ini biasanya memakai tempe atau tahu. Baluri tempe atau tahu dengan bumbu, rempah, dan gula merah. Rebus bacem selama beberapa menit agar cita rasanya meresap, lalu kukus sebentar sebelum dihidangkan.

Baca Juga:  Menunggu Janji Mendag Umumkan Tersangka Mafia Minyak Goreng Hari Ini

4. Membuat semur

Semur bisa menjadi alternatif yang lebih baik dibandingkan masakan yang digoreng. Hidangkan daging sapi, ayam, telur, atau tahu dalam semur kecap yang manis. Jangan lupa tambahkan kentang atau sayuran untuk menambah asupan serat dan vitamin.

5. Memanggang

Kalori dan kandungan lemak pada lauk yang dipanggang lebih rendah daripada lauk yang digoreng. Jadi, sekali-kali cobalah memanggang daging ayam, bebek, sapi, atau ikan dalam oven. Balurkan bumbu dari madu, cabai, dan lemon agar lebih segar.

Baca Juga:  Kisah Emak-Emak Klaten yang Geregetan saat Minyak Goreng Melimpah

6. Menumis

Teknik pengolahan makanan satu ini mirip dengan menggoreng, tapi tanpa memakai banyak minyak. Memasak dengan cara menumis biasanya juga lebih singkat sehingga dapat menjaga kualitas kandungan gizi, aroma, dan cita rasa suatu makanan.

7. Merebus

Anda dapat menggunakan teknik merebus untuk beragam bahan makanan, misalnya untuk membuat telur rebus saat sarapan pada pagi hari. Dengan teknik ini, Anda bisa mematangkan bahan makanan tanpa tambahan lemak jenuh dan kolesterol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya