SOLOPOS.COM - Pemerintah resmi mencabut subsidi minyak goreng curah. Lantas berapa harga minyak goreng hari ini? (Ilustrasi/Solopos dok)

Solopos.com, JAKARTA–Pemerintah diminta konsisten untuk menghapus minyak goreng curah dan menggantinya ke kemasan sederhana.

Rencana tersebut sudah sejak lama diputuskan, tetapi tidak kunjung direalisasikan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Founder dan Direktur Eksekutif Palm Oil Agribusiness Strategic Policy Institute (Paspi) Tungkot Sipayung mengatakan standar perdagangan minyak goreng lebih baik dan relatif terjamin ada di kemasan.

Sejak 2011, menurut dia wacana tersebut sudah bergulir dan ditargetkan berlaku pada 2014.

“Sewaktu Mendag Ibu Elka Pangestu, tetapi selalu maju mundur. Tadinya ditargetkan berlaku 2014, mundur lagi ke 2017, lalu mundur lagi ke 2020, mundur lagi 2022. Dan kini diwacanakan wajib kemasan lagi,” ujar Tungkot kepada Bisnis, Minggu (12/6/2022).

Baca Juga:

Menurut dia, pemerintah tidak pernah konsisten dengan pilihan yang disepakati meski itu lebih baik.

Padahal, dengan kemasan, pemalsuan atau oplosan dengan minyak jelantah atau dengan solar dapat dicegah.

“Kan dengan kemasan tentunya ada yang bertanggung jawab, tercantum produsennya,” ucapnya.

Sebelumnya, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan minyak goreng curah akan dihapus oleh pemerintah secara bertahap.

Sebagai gantinya, minyak goreng akan diedarkan dalam kemasan sederhana.

Baca Juga:

Alasan kebersihan jadi salah satu latar belakang pengemasan minyak goreng sederhana.

Luhut mengeklaim pengusaha minyak goreng pun sudah menyetujuinya. Hal itu ia sampaikan dalam konferensi pers soal Ekspor CPO dan Minyak Goreng bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Jumat (10/6/2022).

“Nanti secara bertahap kita hilangkan curah menuju kemasan sederhana. Karena curah itu kurang higienis. Itu yang akan kita lakukan,” kata Luhut

Sementara itu, Plt. Ketua Dewan Minyak Sawit Indonesia atau DMSI Sahat Sinaga mengatakan penghapusan minyak goreng curah akan lebih efektif jika pemerintah sendiri yang mendistribusikannya.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Diminta Konsisten Hapus Minyak Goreng Curah, Pengamat: Wacana Lama

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya