SOLOPOS.COM - (FOTO: Lutfiyah/JIBI/SOLOPOS)

(FOTO: Lutfiyah/JIBI/SOLOPOS)

Saya sempat terkejut ketika melihat daftar minuman dalam menu rumah makan India di Happy’s Gallery and Restaurant Solo. Di antara beberapa minuman di sana, ada chai atau india tea. Minuman yang bisa disajikan dingin atau hangat tersebut nyaris sama dengan teh tarik khas Malaysia yang pernah saya nikmati di beberapa gerai makanan seperti Kedai Enak Solo Grand Mall dan Kedai Penang Solo Paragon Mall.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Jika teh tarik di kedua tempat tersebut berbuih banyak, chai sama sekali tanpa buih. Soal rasa, chai lebih kaya rasa lantaran dibuat tidak hanya dari campuran susu dan teh namun diberi sedikit kayu manis dan tambahan lainnya. Sekali seruput, dijamin bakal ketagihan.

“Teh tarik Malaysia itu asalnya dari India. Tapi chai, tehnya lebih kaya rasa karena diberi tambahan bahan minuman,” ujar pendiri Happy’s Gallery and Restaurant Solo, Manir Zaman, Kamis (28/6).

Tidak hanya makanan beragam, minuman khas India juga cukup beragam. Selain chai ada juga mangga lassi atau minuman dingin yang terbuat dari mangga dicampur dengan yoghurt, es dan krim.

“Orang India pasti tahu lassi, minuman tersebut sangat terkenal di sana. Selain mangga, bisa juga menggunakan buah lain seperti stroberi atau dibuat mix fruit lassi dari campuran buah,” terangnya.

Soal harga, minuman chai cukup terjangkau, dibanderol Rp12.500. Minuman yang sama atau teh tarik di Kedai Penang Solo Paragon Mall dijual Rp14.000 per gelas dan di Kedai Enak Solo Grand Mall Rp3.500 per gelas. Soal rasa boleh diadu, beda tempat tentu saja beda cita rasa.

Praktisi kuliner Solo, Yoppie Muchtar, mengatakan di antara minuman khas India, ada juga masala chai atau minuman yang dibuat dari seduhan teh dengan campuran rempah-rempah aromatik India dan herbal serta badam susu.

Yoppie yang menjabat sebagai Executive Chief The Sunan Hotel Solo ini mengatakan persamaan kuliner Malaysia dan India lantaran penduduk Negeri Jiran multietnis termasuk orang India.

“Makanan dan minuman itu juga perlu edukasi, semakin banyak orang tahu semakin familier. Begitu juga dengan kuliner khas India,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya