SOLOPOS.COM - Ilustrasi minum kopi di pagi hari (Freepik).

Solopos.com, SOLO -- Peneliti dari University of Bath, Inggris mengatakan minum kopi setelah sarapan jauh lebih baik sebelum makan pagi.

James Betts, salah satu peneliti menjelaskan minum kopi sebelum sarapan membuat gula darah tidak terkontrol dengan baik.

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

Wajib Tahu! Ini Batas Konsumsi Nasi Putih Biar Nggak Bikin Gemuk

"Kami tahu bahwa sebagian besar orang bangun pagi. Dan sebelum melakukan apapun, minum kopi dulu. Secara intuisi makin terasa capek makan asupan kopi akan lebih banyak dan kuat," jelas James dilansir Detik.com dari Mirror.uk.

Dalam penelitian yang melibatkan 29 orang perempuan dan laki-laki ini dibagi menjadi tiga kelompok, berdasarkan dari jenis percobaannya.

Hai Cewek, Ini Lho Gaya Ganteng Om Pemersatu Bangsa Phillip Jusuf

Pada kelompok pertama, peserta diminta tidur secara normal dan bangun pagi langsung minum minuman manis.

Sedangkan untuk kelompok kedua, pesertanya adalah orang yang mengalami gangguan tidur. Dan ketika bangun langsung minum minuman manis. Namun, dalam penelitian tersebut tidak dijelaskan apakah minum kopi setelah sarapan atau sebelum makan pagi.

Usia Berapa Anak Boleh Punya HP Sendiri?

Dan untuk kelompok ketiga, peserta juga mengalami gangguan tidur dan ketika bangun pagi diberi kopi hitam kental 30 menit sebelum minum minuman manis.

Setiap kelompok diberikan pengujian yang sama, yaitu diambil sampel darahnya agar tim peneliti bisa mengecek kadar gula darah mereka.

Ilustrasi kopi (Pinterest)
Ilustrasi kopi (Pinterest)

Banyak yang Tak Tahu! 5 Artis Cantik Ini Ternyata Punya Suami Polisi

Dari penelitian tersebut menghasilkan minum kopi sebelum sarapan dapat menaikkan kadar gula darah sebanyak 50 persen.

Bahaya Minum Kopi Berlebihan

Meskipun begitu, mau setelah atau sebelum sarapan, minum kopi disarankan untuk konsumsi dalam batas wajar.

Pasalnya, jika berlebihan mengonsumsi kopi akan berdampak langsung ke kesehatan seseorag. Nah, berikut ini bahaya yang ditimbulkan ketika minum kopi terlalu banyak, sebagaimana telah diberitakan Solopos.com sebelumnya.

Cara Membuat Rumah Sejuk Tanpa AC, Hemat Dikantong Lho!

1. Menyebabkan Jantung Berdetak Kencang

Kafein dalam kopi mampu menstimulasi sistem saraf pusat yang akan membuat kamu merasa segar. Namun, jika dikonsumsi terlalu banyak, kafein justru membuat jantung berdebar sangat kencang.

Ingin Kurus dan Bebas Penyakit? Coba Deh Diet Satu Ini

2. Mengancam Janin

Bahaya kopi dapat menghambat perkembangan bayi dan bisa menyebabkan keguguran. Kopi yang kalian konsumsi ini akan masuk ke dalam aliran darah, kemudian masuk ke dalam plasenta. Akibatnya, detak jantung bayi akan meningkat.

3. Menimbulkan Masalah Pencernaan

Jika dikonsumsi secara berlebihan, kopi bisa menyebabkan diare, meningkatkan asam lambung, menyebabkan sindrom iritasi pada usus, dan membuat tubuh mengalami dehidrasi.

Pengen Punya Plat Nomor Cantik? Ini Biaya yang Harus Dikeluarkan

Deretan Artis yang Jadi PNS, Nomor 3 Pasti Nggak Nyangka!

Kabar Kesehatan Terbaru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya