top ear
Ilustrasi hubungan cinta (Lovepanky)
  • SOLOPOS.COM
    Ilustrasi hubungan cinta (Lovepanky)

Minimalisasi Perselisihan, Ini Tips Berkomunikasi Dengan Pasangan

Hubungan dengan pasangan tak selamanya mulus.
Diterbitkan Kamis, 16/01/2020 - 01:00 WIB
oleh Solopos.com/Arif Fajar Setiadi
2 menit baca

Solopos.com, SOLO - Kesulitan menyampaikan perasaan masing-masing kepada pasangan menjadi salah satu penyebab kesalahpahaman. Sebagian menganggap berbicara mengenai perasaan masing-masing bukanlah hal utama dalam sebuah hubungan.

Namun, menurut penelitian, berbicara mengenai perasaan Anda merupakan cara terbaik bagi pasangan untuk menjaga hubungan yang sehat dan bahagia. Berikut ini cara agar bisa berkomunikasi dengan baik bersama pasangan seperti dikutip dari Liputan6.com:

1. Bertanya Untuk Meminta Waktu Berbicara
Bertanya terlebih dahulu adalah isyarat sederhana, namun kuat. Ini menandakan Anda meminta waktu pasangan untuk berpartisipasi dalam percakapan yang bermanfaat dalam hubungan.

Polda akan Panggil 13 Artis Lagi Terkait Kasus Investasi Bodong MeMiles

2. Mulailah Dengan Pujian
Sebelum Anda meminta apa pun, ingatkan diri Anda mengenai sesuatu yang sudah diberikan pasangan, misalnya “Saya sangat menghargai Anda mendengarkan dan membantu saya memikirkan masalah.” Memulai dengan sesuatu yang positif, membuat pasangan lebih nyaman dan akan mendengarkan serta terlibat dalam percakapan yang lebih produktif.

3. Sampaikan Permintaan yang Anda Butuhkan
Meminta apa yang Anda butuhkan dengan melibatkan ungkapan perasaan, seperti kerinduan, harapan, atau keinginan. Dibutuhkan keberanian untuk mengungkapkan permintaan Anda karena pemahaman mereka sangat penting.

4. Berterima Kasih Atas Respons Pasangan
Setiap kali Anda berterima kasih kepada pasangan, Anda mengakui dia membuat pilihan untuk menjadi responsif terhadap Anda. Berterimakasihlah pada pasangan karena berusaha memberi apa yang Anda inginkan.

Coppa Italia: Prediksi Juventus Vs Udinese

5. Bertanya Kepada Pasangan
Tanyakan apa yang mereka inginkan, kemudian ajak pasangan Anda untuk meminta sesuatu. Jika Anda tidak dapat memenuhi keinginannya segera bisa meminta waktu. Bertanya seperti itu menjadi salah satu bentuk perhatian dalam hubungan.

6. Dengarkan dengan Baik
Mengetahui perkataan Anda didengar dengan baik adalah salah satu yang dapat memperkuat koneksi perasaan dengan pasangan. Salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan adalah dengan menggunakan teknik yang disebut mendengarkan aktif. Teknik ini merupakan bentuk mendengarkan di mana Anda memahami apa yang pasangan katakan, seperti senyuman dan kata-kata 'saya mengerti'.

Editor : Profile Ahmad Baihaqi
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com

Properti Solo & Jogja

Iklan Baris

berita terkait