SOLOPOS.COM - Pengendara membunyikan klakson dan menyalakan flare pada malam pergantian tahun di Jl Jenderal Sudirman, Solo, Sabtu (1/1/2022) dini hari. (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Detik-detik pergantian tahun dari 2021 ke 2022, Jumat (31/12/2021), di pusat Kota Solo berlangsung nyaris tanpa pesta kembang api. Warga yang melintas di jalan-jalan kota membunyikan klakson sepeda motor sebagai tanda euforia menyambut tahun baru.

Pantauan Solopos.com, Jl Slamet Riyadi ditutup tepat pada pukul 23.00 WIB. Petugas dari kepolisian dan Dishub Solo memasang barikade di Perempatan Gendengan guna menghalangi kendaraan yang hendak melintasi Jl Slamet Riyadi menuju Bundaran Gladak. Perempatan itu dijaga ketat petugas bersenjata lengkap.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Sambil menghalau kendaraan agar keluar dari Jl Slamet Riyadi, petugas melalui pengeras suara mengimbau masyarakat agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Sementara itu, Jl Jenderal Sudirman sekitar Benteng Vastenburg cukup ramai. Banyak warga yang menikmati waktu bersama keluarga atau orang dekat sambil jajan kuliner.

malam tahun baru solo
Petugas kepolisian di Jl Jenderal Sudirman, Solo, mengingatkan melalui pengeras suara agar masyarakat terus mematuhi protokol kesehatan, Jumat (31/12/2021). (Solopos/Kurniawan)

Baca Juga: Pengumuman! Penutupan Jl Slamet Riyadi Solo Dipercepat Jadi Pukul 23.00

Sebelumnya, sekitar pukul 21.30 WIB, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi sempat mendatangi kawasan Benteng Vastenburg guna memantau pengamanan Malam Tahun Baru di Pos Pelayanan Terpadu Benteng Vastenburg. Dari lokasi itu, Kapolda kemudian bergeser ke daerah lain.

Pengendara Kecele

Pada sisi lain di Jl Gatot Subroto, arus lalu lintas juga terpantau lancar. Kendaraan yang mengarah ke Jl Slamet Riyadi langsung diarahkan oleh petugas menuju Jl Diponegoro (Ngarsopuro). Beberapa pengendara sempat kecele  saat mendapati Jl Slamet Riyadi ditutup.

Baca Juga: Malam Tahun Baru di Solo: Kawasan Kuliner Ramai, Lalu Lintas Lancar

Setelah diarahkan oleh petugas Dishub, kepolisian, dan Satpol PP, ada di antara mereka yang menurut namun tak sedikit pula yang lewat city walk. Hingga pukul 23.46 WIB, tidak terlihat tanda-tanda konvoi kendaraan maupun acara yang mengundang kerumunan di Jl Slamet Riyadi.

malam tahun baru solo
Situasi Jl Slamet Riyadi Solo yang ditutup pada Malam Tahun Baru, Jumat (Solopos/Ika Yuniati)

Saat detik-detik pergantian tahun semakin dekat, situasi masih normal. Namun begitu lewat pukul 00.00 WIB, terdengar suara pengendara membunyikan klakson kendaraan mereka sebagai ungkapan euforia menyambut Tahun Baru.

Baca Juga: Malam Tahun Baru, 100 Petugas Kebersihan Dikerahkan Keliling Kota Solo

Tak tampak ada pesta kembang api di pusat Kota Solo. Suara petasan atau kembang api hanya terdengar di kejauhan. Berapa lama kemudian situasi kembali tenang. Sebagian masyarakat melanjutkan menikmati sajian kuliner di warung lesehan tepi jalan.

Jl Slamet Riyadi Solo rencananya ditutup hingga pukul 05.00 WIB, Sabtu (1/1/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya