Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

MIND ID Incar Solo Technopark Jadi Pusat Riset Tambang dan Inkubasi Bisnis

Holding BUMN bidang pertambangan, MIND ID, mengincar Solo Technopark (STP) sebagai pusat riset dan pengembangan teknologi industri tambang serta inkubasi bisnis UMKM binaan.
SHARE
MIND ID Incar Solo Technopark Jadi Pusat Riset Tambang dan Inkubasi Bisnis
SOLOPOS.COM - Direktur Hubungan Kelembagaan MIND ID, Dany Amrul Ichdan. (Istimewa)

Solopos.com, SOLOMIND ID sebagai holding BUMN bidang pertambangan melirik Solo Technopark (STP) di Jebres, Solo, untuk jadi pusat riset dan pengembangan teknologi industri tambang.

STP yang disebut sebagai Silicon Valley-nya Solo juga bisa menjadi pengenalan industri tambang di Indonesia. Hal ini diungkapkan Direktur Hubungan Kelembagaan Mining Industry Indonesia (MIND ID), Dany Amrul Ichdan, saat Focus Group Discussion (FGD) bersama media di Teakyard Resto Solo, Colomadu, Karanganyar, Kamis (8/12/2022).

PromosiMesin Baru di Mitsubishi L300 Euro 4: Lebih Bertenaga, Hemat Bahan Bakar

FGD tersebut mengangkat tema Refleksi Industri Pertambangan untuk Indonesia yang Lebih Baik. MIND ID merupakan holding lima perusahaan tambang Indonesia, yakni PT Antam Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero), dan PT Timah Tbk.

Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak

Dany Amrul menjelaskan Soloraya terutama Kota Solo memang tidak memiliki tambang produktif. Namun, Kota Solo tetap memiliki potensi sebagai pusat pengembangan dan riset industri tambang Indonesia dengan adanya STP.

Di Solo Technopark, MIND ID bisa mengembangkan ide-ide dan inovasi di dunia tambang. “MIND ID juga punya satu lokasi di STP untuk memperkenalkan kepada publik terkait industri tambang di Indonesia,” urai Dany Amrul.

Baca Juga: Begini Roadmap dan Peran MIND ID dalam Pengembangan Ekosistem Kendaraan Listrik

MIND ID bertekad menjadi perusahaan global sumber daya alam terintegrasi yang terkemuka dengan komitmen kuat terhadap masyarakat dan lingkungan. Sustainability Framework MIND ID dikembangkan berdasarkan ISO 26000 sebagai prinsip panduan. 

“Kami berusaha untuk mewujudkan industri pertambangan yang berkelanjutan dengan lima pilar utama, yakni lingkungan dan perubahan iklim, tata guna produksi, sumber daya manusia, masyarakat, pengembangan ekonomi dan tata kelola yang baik. Tujuannya pada 2060 bisa melaksanakan produksi tambang yang bebas emisi,” ujar Dany.

Strategi Berkelanjutan

Saat ini MIND ID telah menyusun peta jalan (roadmap) 2021 -2030, di mana pada 2021 Grup MIND ID telah mengembangkan strategi keberlanjutan sehingga pada 2022 dapat mengimplementasikan Sustainability Pathway.

Baca Juga: MIND ID: Solo Layak Jadi Kota Pengembangan Riset Teknologi Industri Tambang

Dany Amrul mengatakan selain sebagai pusat riset teknologi industri tambang, Solo Technopark juga bisa menjadi pusat inkubasi pengembangan bisnis mitra binaan industri tambang termasuk MIND ID. Dany menyebut MIND ID memiliki UMKM binaan yang tidak hanya berada di lokasi tambang tapi juga di seluruh Indonesia.

“Makanya kita harus berpikir holistik, Solo punya STP yang bisa mengambil peran untuk industri tambang dan itu bisa dimulai dari hal kecil,” ujar Dany.

Sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan, Grup MIND ID membina ribuan UMKM supaya naik kelas. UMKM tersebut bergerak di berbagai sektor di antaranya perdagangan sebanyak 3.339 UMKM.

Baca Juga: Menteri BUMN Ajak Pengusaha Muda Jeli Tangkap Peluang

Kemudian, jasa 879 UMKM, industri 625 UMKM, pertanian 881 mitra, peternakan 637 mitra, dan perkebunan 209 mitra. Pengembangan UMKM itu dilakukan MIND ID tidak sekadar memberikan pelatihan.

Melainkan juga bantuan pendanaan dan offtaker yakni menjadikan mereka bagian terpenting rantai pasok MIND ID. “Ini bentuk tanggung jawab kami kepada mereka,” tutur Dany.



Info Digital Tekno
Indeks
Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Info Perbankan
Indeks
Interaktif Solopos
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak
      Emagz Solopos
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Interaktif Solopos
      Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak
      Solopos Stories
      Part of Solopos.com
      ISSN BRIN
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode