SOLOPOS.COM - Warga masyarakat Karangayar mengantre di meja skrining dalam vaksinasi Covid-19 di malam hari, Kamis (30/9/2021) di Pendopo Rumah Dinas Bupati setempat. (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar mengadakan vaksinasi Covid-19 di malam hari direalisasikan Kamis (30/9/2021) di Pendapa Rumah Dinas Bupati Karanganyar. Melihat antusiasme warga yang tinggi, kegiatan ini akan dilanjutkan.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Karanganyar, hingga Kamis (30/9/2021) vaksinasi sudah mencapai 59 persen atau 436.932 orang dari jumlah sasaran 733.359 orang.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengatakan kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya percepatan vaksinasi Covid-19, khususnya di wilayah Karanganyar. Yuli, sapaan Juliyatmono, mengatakan bahwa latar belakang vaksinasi di malam hari adalah adanya sebagian masyarakat yang mempunyai kesibukan di siang hari. Sehingga mereka tidak memiliki waktu untuk suntik kekebalan virus Corona ini.

Baca Juga: Jejak Terakhir Mantan Perdana Menteri Berhaluan PKI di Karanganyar

“Ini adalah upaya percepatan agar semakin banyak warga Karanganyar yang divaksinasi. Dan kami melihat banyak warga yang sibuk di siang hari karena harus bekerja. Nah kami membuka kesempatan kepada mereka untuk vaksinasi di malam hari atau setelah waktu kerja,” ujarnya di sela-sela acara.

Ia menambahkan untuk mengikuti vaksinasi malam masyarakat tidak harus mendaftar terlebih dulu, bisa datang langsung dengan membawa fotokopi kartu keluarga (KK) atau Kartu Tanda Penduduk (KTP) Karanganyar.

Kegiatan ini didukung Kodim 0727/Karanganyar, dan Polres Karanganyar.

Baca Juga: Masuk Polres Karanganyar Seperti Masuk Mal, Wajib Pakai PeduliLindungi

Dandim 0727/Karanganyar, Letkol (inf) Ikhsan Agung mengatakan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan vaksinasi tersebut, pihaknya ikut mengerahkan para anggota. “Anggota kami kerahkan dalam proses pelaksanaan vaksinasi malam ini,” ujarnya.

Dandim menambahkan, pada vaksinasi perdana di malam hari ini sebenarnya disediakan 200 dosis vaksin. Namun ternyata antusiasme masyarakat tinggi sehingga dosis kemudian ditambah sesuai kebutuhan.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Karanganyar, Purwati, mengatakan akan mengevaluasi pelaksanaan vaksinasi di malam hari tersebut. Jika antusiasme masyarakat masih tinggi, maka kegiatan akan dilanjutkan. Jika tidak, maka vaksinasi akan kembali dilakukan siang hari melalui berbagai pelayanan yang disediakan berbagai instansi.

Baca Juga: Karanganyar Fokus Entaskan Stunting di 10 Desa

“Kami evaluasi dulu. Kalau sekiranya masih banyak yang minat ya dilanjutkan,” ujarnya.

Dinkes menjamin stok vaksin di Karanganyar aman. “Untuk vaksin kami dapat kiriman terus. Terakhir beberapa waktu lalu kami mendapat 75.000 dosis,” ujar Purwati.

Sementara itu, Kapolres Karanganyar, AKBP Muchammad Syafi’ Maulla berharap kegiatan ini akan mempercepat capaian vaksinasi di Bumi Intan Pari. “Pemkab, TNI, Polri dan instansi lainnya terus melakukan akselerasi vaksinasi. Nah, ini adalah salah satu kesempatan yang diberikan kepada masyarakat yang tidak bisa vaksinasi di siang hari. Alhamdulillah ini luar biasa antusiasme masyarakat. Mudah-mudahan membantu untuk percepatan vaksinasi di Karanganyar,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya