SOLOPOS.COM - Rektor ITS PKU Muhammadiyah Surakarta, Weni Hastuti, memberikan sambutan saat pembagian hadiah jalan santai di Kampus ITS PKU Muhammadiyah Surakarta, Minggu (11/12/2022). Kegiatan tersebut merupakan puncak peringatan Milad ke-29 ITS PKU Muhammadiyah Surakarta. (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, SOLO — Kegiatan jalan santai digelar sebagai acara puncak Milad ke-29 ITS PKU Muhammadiyah Surakarta, Minggu (11/12/2022). Bukan hanya warga kampus, jalan santai tersebut juga melibatkan warga di sekitar kampus ITS PKU Muhammadiyah Surakarta, yang ada di Kadipiro, Banjarsari, Solo.

Puncak peringatan Milad ITS PKU Muhammdiyah Surakarta tersebut terlihat sangat meriah. Terlebih dalam acara pengundian doorprize jalan santai. Pengundian hadiah tersebut dilakukan di area parkir kampus.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Para peserta yang merupakan kalangan mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan serta masyarakat umum di sekitar kampus semua berkumpul di tempat tersebut. Ada beragam hadiah yang disiapkan, termasuk produk elektronik dan hadiah utama berupa sepeda.

Rektor ITS PKU Muhammadiyah Surakarta, Weni Hastuti, menyampaikan tema yang diangkat pada milad tahun ini adalah Terpecaya dan Berkemajuan.

“Artinya kami ingin masyatakat di sini benar-benar ikut memiliki kampus ini, sehingga keberadaan kami memberikan manfaat untuk masyarakat umum. Momen jalan sehat ini juga bentuk silaturahmi kami dengan masyarakat untuk mendekatkan kami dengan masyarakat,” kata dia saat ditemui, Minggu.

Baca Juga: Gelar Wisuda, ITS PKU Muhammadiyah Surakarta Cetak Lulusan Pertama Prodi Baru

Selain jalan santai, selama tiga hari ke depan juga akan digelar bazar, talk show, seminar dan sebagainya. Kemudian ada pula cek Kesehatan secara gratis.

“Kami persembahkan untuk warga Kadipiro. Semoga keberadaan ITS PKU Muhamamdiyah Surakarta ini semakin dekat dengan masyarakat, semakin bisa memberi manfaat dan berkah untuk kita semua,” lanjut dia.

Lebih lanjut, dia menyampaikan selama 29 tahun, ITS PKU Muhammadiyah Surakarta telah mengalami berberapa perubahan. Dulu kampus tersebut merupakan akademi keperawatan, kemudian berubah menjadi akademi kebidanan.

Pada 2012 menjadi sekolah tinggi ilmu Kesehatan atau STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta, baru kemudian pada 2019 berubah menjadi ITS PKU Muhammadiyah Surakarta. Dengan begitu jika dilihat secara kelembagaan, kampus tersebut telah berusia 29 tahun. Namun jika melihat kampus tersebut sebagai ITS, milad tahun ini merupakan milad ke-3.

Baca Juga: ITS PKU Muhammadiyah Surakarta Raih PKM Award Tingkat Nasional Tahun Ini

Sejauh ini sudah banyak prestasi yang dimiliki ITS PKU Muhammadiyah Surakarta. Dia mengatakan saat ini seluruh prodi sudah terakreditasi baik sekali.

“Kemudian kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi insyaallah semakin memberi manfaat tidak hanya di sekitar kampus namun secara umum Kota Solo. Kami juga dilibatkan dalam penanganan permasalahan Kesehatan di Jateng dan pusat terutama stunting, TBC dan sebagainya,” kata dia.

Ke depan dia berharap ITS PKU Muhammadiyah Surakarta akan mengalami berbagai pengembangan secara institusi. Salah satunya pengembangan di bidang akademik atau pembelajaran dengan penambahan prodi baru.

“Kami memang punya strategi khusus dalam membuka prodi. Bukan hanya sekadar prodi baru. Bukan hanya prodi yang belum banyak dimiliki perguruan tinggi sejenis.  Tapi juga melihat lulusan dari prodi tersebut masih sangat dibutuhkan, itu prinsip kami,” jelas dia.

Baca Juga: ITS PKU Muhammadiyah Surakarta Bekali 866 Mahasiswa Baru Lewat PKKBM

Saat ini ITS PKU Muhammadiyah Surakarta sudah memiliki fakultas Teknologi Sains, yang diharapkan akan banyak memberi manfaat untuk masyarakat umum. Dua prodi baru yang juga baru saja dibuka, yakni S1 Kebidanan dan Profesi Bidan, yang sudah mulai menerima mahasiswa baru.

Sebagai mimpi ke depan, kampus tersebut juga akan melakukan pengembangan fisik, yakni pembangunan kampus 2 yang berada di pinggir jalan strategis di pusat kota.

Bukan hanya untuk kebutuhan Pendidikan, kampus 2 nantinya juga digunakan sebagai holding bisnis, sebab ke depan ITS PKU Muhammadiyah Surakarta juga akan mengembangkan beberap sektor usaha.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya