SOLOPOS.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. (Dok. Solopos/Antara - Kemmenparekraf)

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengapresiasi berbagai pihak atas keberhasilan penyelenggaraan ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP 2022.

Mulai dari kementerian/lembaga, industri, dan pihak-pihak lainnya termasuk dukungan masyarakat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Bahkan, pebalap yang memenangi MotoGP 2022 Miguel Oliveira disebut telah memberikan tanggapan positif atas keramahtamahan dari staf hotel tempat pembalap itu tinggal.

“Jadi ini terbukti bahwa pelatihan yang kami lakukan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, terutama sumber daya manusia sudah membuahkan hasil,” ujar Sandiaga seperti dilansir Antara, Minggu (20/3/2022).

Baca Juga: Aleix Espargaro Penuhi Janji Lempar Helm ke Penonton MotoGP Mandalika

Sandiaga mengatakan kebijakan pemerintah mengadakan ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP 2022 di Mandalika terbukti tepat dari segi dampak yang dihasilkan, terutama memulai transisi menuju kehidupan pascapandemi.

“Keberhasilan dari event ini mampu memberikan dampak luas terhadap masyarakat, sehingga mampu menggerakkan ekonomi dengan semakin terbukanya lapangan kerja,” ujar Menparekraf Sandiaga di Pertamina Mandalika International Street Circuit, dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu malam.

Sandiaga menceritakan, ada seorang pemilik homestay sarana hunian pariwisata (sarhunta) yang bernama Haji Salamiah telah hidup di kawasan Mandalika selama 40 tahun. Namun, belum banyak orang yang datang memesan tempat penginapannya.

Berkat adanya MotoGP 2022, ujarnya, semua kamar di sarhunta miliknya terpesan penuh selama sepekan ini. Bahkan, kata Sandiaga, terdapat salah satu sopir taksi online yang tadi pagi sudah mendapat penghasilan lebih dari Rp1,8 juta.

Baca Juga: Begini Aksi Rara Pawang Hujan yang Viral saat Balapan MotoGP Mandalika

“Ini luar biasa dampaknya dan ke depan akan kita terus perbaiki, sehingga event-event selanjutnya akan lebih lancar, lebih bermanfaat. Saya mengucapkan terima kasih untuk semua pihak yang telah membantu terselenggaranya MotoGP ini,” ujarnya pula.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Richman_taye (@richman_taye)

Sebelumnya, Miguel Oliveira berhasil keluar menjadi juara pada MotoGP Mandalika. Selain piawai dalam mengendarai Red Bull KTM, kemenangan Oliveira dikaitkan dengan dukungan dan doa dari para penggemar, salah satunya warganet asal Lombok sekaligus pemilik akun Instagram @richman_taye.

Melalui akunnya di Instagramnya, sebelum balapan MotoGP Mandalika digelar, dia mengungah foto bersama Miguel Oliveira.

Baca Juga: Aksi Pawang Hujan Mandalika Dipuji MotoGP, It Worked Trending Twitter

Dalam unggahan itu, dia menuliskan “candidate champion 2022 [kandidat juara 2022]”.

Siapa sangka prediksi itu benar dan Oliveira naik podium satu dalam seri MotoGP Mandalika. Bahkan, Oliveira dalam sebuah wawancara berterima kasih kepada pria bernama Risman yang diketahui bekerja di hotel tempat Oliveira menginap.

“Saya ingin mendedikasikan kemenangan ini kepada seseorang bernama Risman, yang bekerja di hotel tempat saya menginap. Dia telah mendukungku dan dia adalah orang baik,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya