SOLOPOS.COM - Kawasan pusat data milik Microsoft di Swedia. (Foto: microsoft.com)

Solopos.com, STOCKHOLM – Kawasan pusat data berkelanjutan milik Microsoft Corp diluncurkan di Swedia, Selasa (16/11/2021) waktu setempat. Pusat data yang dibangun ini disebut 100% menggunakan energi bebas karbon.

Mengutip siaran pers perusahaan teknologi itu, Rabu (17/11/2021), Microsoft telah menandatangani perjanjian proyek energi baru terbarukan dengan beberapa pihak untuk mewujudkan komitmen bebas karbon itu. Kawasan pusat data Microsoft di Swedia itu disebut sebagai pusat data Microsoft yang pertama kali menggunakan generator cadangan Preem Evolution Diesel Plus alias bahan bakar Nordic Eco. Label bahan bakar itu menggunakan 50% bahan baku terbarukan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga: Microsoft Umumkan Windows 11 Punya Aneka Fitur Baru

Peluncuran kawasan pusat data itu juga menjadi proyek ambisius Microsoft dalam mengejar sertifikasi desain energi lingkungan, Leadership in Energy and Environmental Design (LEED) Gold certification. Ambisi itu menggambarkan komitmen mereka dalam membantu melestarikan sumber daya tambahan seperti energi dan air, menghasilkan lebih sedikit limbah, dan mendukung kesehatan manusia.

Selain itu, wilayah pusat data baru tersebut bakal menjadi rumah bagi European Circular Center ketiga Microsoft. Pusat data tersebut memiliki kapasitas yang mampu mendukung operasi 12.000 server per bulan.

Baca Juga: Gagal Akuisisi TikTok, Bos Microsoft Curhat Begini

“Pusat data Swedia kami termasuk yang paling dirancang dan dioperasikan secara berkelanjutan di dunia. Ini adalah peluncuran penting bagi Swedia dan Eropa, karena saya sangat yakin bahwa inovasi teknologi baru adalah pendorong terpenting bagi dunia untuk mencapai target keberlanjutan global. Dengan pindah ke cloud, kami menciptakan peluang baru untuk mempercepat transformasi menuju masa depan yang lebih berkelanjutan – bersama-sama,” kata Manajer Umum Microsoft Swedia, Hélène Barnekow.

Penyediaan pusat data tersebut juga disebut untuk mendorong pengembangan tenaga kerja, inovasi dan kewirausahaan, keterampilan digital, dan inklusi komunitas. Komitmen itu sebagaimana tercetus melalui kunjungan Presiden Microsoft Brad Smith dengan berbagai mitra di Stockholm.

Baca Juga: Masalah Rantai Pasokan Bikin Apple harus Akui Microsoft Lebih Kuat

Pertemuan itu membahas keinginan pelanggan memegang peran penting dalam memastikan transformasi digital berkelanjutan di Swedia. “Ketika industri dan perusahaan Swedia ingin mengadopsi dan berinovasi pada platform Microsoft, investasi pusat data kami dibangun di atas portofolio produk dan layanan kami sambil memenuhi kebutuhan residensi, keamanan, dan kepatuhan data yang penting,” kata Smith.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya