SOLOPOS.COM - Infografis MiChat (Solopos/Whisnupaksa K)

Solopos.com, SUKOHARJO — MiChat merupakan aplikasi perpesanan asal Singapura yang belakangan viral karena menguak pembunuhan siswi SMP asal Grogol, Sukoharjo, Selasa (23/1/2023). Aplikasi tersebut tak hanya digunakan sebagai platform percakapan, tapi beberapa kali disalahgunakan sebagai medium prostitusi online. Siswi SMP berinisal EL itu rupanya menjadi pekerja seks dan dibunuh oleh pelanggan yang memesan jasanya, kemudian merasa kurang puas.

Berdasarkan data Similar Web, Indonesia menjadi negara dengan pengguna MiChat terbesar di dunia. Hingga 26 Januari 2023 78,49% pengguna MiChat berasal dari Indonesia.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berdasarkan data Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) yang dirilis pada Mei 2021 lalu, Tindak Pidana Perdagangan Orang dan Eksploitasi (TPPO) sejak Januari hingga April 2021 mencapai 234 anak. Nah, dari 35 kasus yang ditangani KPAI, 60%-nya dilakukan lewat media sosial. MiChat menempati posisi paling atas. Perinciannya, MiChat 41%, Whatsapp 21%, Facebook 17%, tidak diketahui 17% dan hotel yang dipesan secara virtual bernama Reddoorz 4%. Berikut infografisnya.

Infografis MiChat (Solopos/Whisnupaksa K)
Infografis: Whisnupaksa K

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya