Mi Ongklok Disajikan Peserta di Masterchef Indonesia Musim 8
Solopos.com|jateng

Mi Ongklok Disajikan Peserta di Masterchef Indonesia Musim 8

Keunikan Mie Ongklok ini dimulai dari racikan campuran kol dan kucai dan disajikan dengan siraman kuah berwarna kecoklatan hingga tekstur kuah yang cukup kental karena ada larutan tepung tapioka.

Solopos.com, WONOSOBO --- Mi ongklok merupakan hidangan khas asal Wonosobo  yang memiliki keunikan yang beragam. Keunikannya dimulai dari racikan campuran kol dan kucai dan disajikan dengan siraman kuah berwarna kecokelatan hingga tekstur kuah yang cukup kental karena ada larutan tepung tapioka.

Mie ongklok juga disajikan bersama  bawang goreng serta kudapan menu baceman, seperti tahu/tempe bacem  yang memiliki rasa manis. Mi onglok juga dinikmati dengan hidangan sampingan atau side-dish berupa sate sapi yang dibumbui kecap dan diberi bumbu kacang.

Baca Juga: Tempe Bacem Kaleng Magelang Melintasi Pasar Dunia

Keunikan mi ongklok ini mendapat sorotan dalam sebuah acara kompetisi memasak yang ditayangkan di salah satu stasiun televisi swasta Indonesia, Masterchef Indonesia Season 8. Salah satu peserta bernama Jenny, 27, menyajikan mi ongklok di hadapan ketiga juri, yaitu Arnold Purnomo, Renata Moeloek, dan Juna Rorimpandey.

MIe Ongklok di Masterchef Musim 8
Mie Ongklok di Masterchef Musim 8 (Youtube Masterchef Indonesia)

Berdasarkan pantauan Solopos.com di kanal Youtube Masterchef Indonesia, Selasa  (15/6/2021), penyajian mi ongklok di acara kompetisi memasak itu diawali saat para peserta mendapat tantangan untuk mengolah mi saripati bayam yang di episode Galeri 2 Masterchef Indonesia Season 8, Sabtu (12/6/2021). Di hadapan ketiga juri, Jenny yang merupakan pemilik usaha bakery di Bandung ini menjelaskan bahwa mi ongklok ini adalah khas Wonosobo, kampung halaman kedua orang tuanya.

Jenny menjelaskan ongklok adalah istilah Bahasa Jawa saat mengolah mi yang sedang dalam keadaan setengah matang yang kemudian dimasukan keranjang kecil dari anyaman bambu untuk membantu perebusan mie.

Baca Juga : Nikmatnya Sate Loso Pemalang, Resep Warisan Nenek Moyang

Jenny juga menambahkan mi ongklok ini juga mengingatkan masa kecilnya saat tinggal di Wonosobo, sekaligus juga mengingatkan dirinya  pada ayahnya yang sudah lama berpisah karena sejak 9 tahun, Jenny dan ibunya tinggal di Bandung.

Dia berharap dengan  ada di kompetisi Masterchef Indonesia Season 8 dan menyajikan mi ongklok kepada para juri bisa menunjukan rasa cintanya kepada sang ayah yang sudah lama tidak bertemu.

Saat  penjurian, Renata mengatakan kalau rasa mie ongklok buatan Jenny ini enak, hanya minya kurang dibumbu dan terasa lembek karena terlalu lama direbus. Sedangkan Juna mempertanyakan rasa baceman yang lebih terasa asin namun Juna juga mengaku sangat suka dengan hidangan mie ongklok.

Baca Juga : Tahu Bakso, Kudapan Khas Ungaran yang Bikin Nagih

Komentar yang sama juga dilontarkan Arnold , di mana dia menyarankan kepada Jenny untuk menegaskan bumbu saat pengolahan dan juga  seharusnya ditambah sambal untuk memperkaya rasa. Arnold juga memuji presentasi mie ongklok yang dibuat Jenny yang terlihat menggiurkan untuk dinikmati.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago