[ X ] CLOSE

Meski Sinovac Sudah Diakui Arab Saudi, WNI Belum Bisa Pergi ke Tanah Suci, Ini Alasannya

Meski membuka kembali pitnu bagi jemaah umrah dari luar negeri, Pemerintah Arab Saudi hingga kini masih melarang penerbangan langsung dari Indonesia.
Meski Sinovac Sudah Diakui Arab Saudi, WNI Belum Bisa Pergi ke Tanah Suci, Ini Alasannya
SOLOPOS.COM - Umat Islam dengan memakai masker dan menjaga jarak fisik melakukan Tawaf mengelilingi Kakbah saat musim Haji di Kota Suci Mekkah, Arab Saudi, Jumat (31/7/2020). (Antara-Reuters-Saudi Press Agency)

Solopos.com, JAKARTA — Meski Pemerintah Kerajaan Arab Saudi kini sudah mengakui vaksin Sinovac, warga negara Inonesia yang telah divaksin belum bisa pergi ke Tanah Suci.

Menurut Konsul Jenderal RI di Jeddah, Eko Hartono, hingga saat ini pihaknya belum dapat melakukan dorongan ke pemerintah setempat terkait izin masuk jamaah umrah WNI ke Arab Saudi. Ini mengingat penerbangan langsung dari Indonesia yang masih belum diizinkan oleh negara itu.

“Untuk dorong umrah belum bisa karena Indonesia masih di-suspend, belum boleh terbang langsung. Kita masih tunggu ketentuan lebih lanjut Saudi,” kata Eko.

Sebagai informasi, Arab Saudi secara bertahap mulai menerima permintaan jamaah umrah dari luar negeri untuk mereka yang sudah divaksin. Pada Selasa (24/8/2021), pemerintah setempat resmi memperbolehkan vaksin Covid-19 Sinovac dan Sinopharm bagi para calon jamaah.

Baca Juga: Buntut Penangkapan Muhammad Kece, Penceramah Yahya Waloni Juga Ditangkap Karena Tuduhan Nistakan Agama

Namun, menurut Konjen RI, penggunaan kedua vaksin tersebut harus sebagai suntikan penguat di antara empat vaksin lain, yakni buatan Pfizer, AstraZeneca, Moderna, dan Johnson & Johnson.

“Iya memang Sinovac dan Sinopharm sudah diakui Saudi, tetapi harus booster satu di antara empat vaksi yang diakui Saudi,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, untuk vaksin juga perlu pengaturan teknis seperti di mana dan kapan vaksin disuntikkan.

Dia pun menambahkan bahwa hingga saat ini belum ada sinyal dari pihak Arab Saudi terkait apakah izin masuk bagi jamaah umrah asal Indonesia akan segera dibuka. “Sampai sekarang belum. Semoga segera ada pengumuman itu,” tuturnya.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago