SOLOPOS.COM - Ilustrasi Alun-alun Banyumas. (jatengprov.go.id)

Solopos.com, BANYUMAS — Purwokerto dan Banyumas adalah nama dua wilayah di Jawa Tengah yang cukup terkenal. Tahukah Anda jika Purwokerto yang sering disebut sebagai kota berada di satu wilayah dengan Banyumas?

Kota Purwokerto merupakan bagian dari Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Berdasarkan penelusuran Solopos.com, Jumat (1/4/2022), terdapat banyak cerita terkait Kota Purwokerto dan Kabupaten Banyumas. Salah satu dari cerita tersebut adalah perjuangan seorang warga asli Kota Purwokerto saat menjelaskan Kabupaten Banyumas dan Kota Purwokerto adalah satu kawasan kepada orang lain yang bukan warga Purwokerto.

Promosi Hari Ini Jadi Cum Date Dividen Saham BBRI, Jangan Ketinggalan THR dari BRI

Baca juga: Makam Sunan Bonang Ada di 3 Tempat, Mana yang Asli?

Ekspedisi Mudik 2024

Perlu diketahui bahwa Kota Purwokerto adalah bagian dari Kabupaten Banyumas. Kota Purwokerto sendiri adalah ibu kota dari kawasan yang dikenal dengan logat Jawa ngapak tersebut. Namun tidak dipungkiri jika Kota Purwokerto lebih dikenal dari Kabupaten Banyumas . Awalnya Kota Purwokerto dibentuk sebagai Kota Administratif oleh pemerintah pusat pada era 80an dikarenakan kemajuan di kota ini lebih terlihat dibanding dengan kabupaten yang menaunginya.

Purwokerto dulu pernah akan dimekarkan menjadi kota tersendiri, lepas dari Kabupaten Banyumas. Namun, karena terjadi krisis ekonomi besar pada 1998-1999, rencana pemekaran itu terhenti dan status Purwokerto sebagai kota administratif dihapus.

Beda Banyumas dan Purwokerto

Meskipun berada di satu kawasan, terdapat perbedaan yang signifikan antara Kota Purwokerto dan Kabupaten Banyumas. Sebagai ibu kota Kabupaten Banyumas, Kota Purwokerto menjadi pusat kegiatan dalam hal pemerintahan, perekonomian, dan pendidikan. Secara fisik pembangunan Kota Purwokerto terasa lebih dominan sehingga tidak salah jika kota ini dijadikan sebagai ibu kota kabupaten.

Baca juga: Dugderan Semarang Kembali Digelar Tanpa Pawai

Lain halnya dengan Kabupaten Banyumas yang lebih dikenal dengan kearifan lokalnya, yaitu pedesaan. Jika menemukan suatu area dengan sistem pemerintahan desa, maka disitulah dikenal sebagai Banyumas. Karena dikenal sebagai kawasan pedesaan, keramaian di kawasan ini tidak terlalu signifikan seperti di Kota Purwokerto.

Meskipun tidak seramai Kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas dinilai lebih kaya akan hasil pertaniannya karena sebagian kawasannya berada di kaki Gunung Slamet yang dikenal dengan tanahnya yang subur. Selain itu, Kabupaten Banyumas kaya akan destinasi wisata, seperti wisata alam yang terdiri dari curug, pegunungan, telaga, desa wisata, pemandian alam hingga wisata perkebunan. Ada juga wisata religi, berupa goa doa dan makam para sesepuh dan tokoh spiritual.

Berbeda dengan Kota Purwokerto yang merupakan kawasan perkotaan yang minim akan wisata alam. Wisata di Kota Purwokerto biasanya lebih pada wisata urban, seperti alun-alun kota, bukit bintang,  jembatan TESDA dan beberapa wisata urban lainnya.

Baca juga: Keramas Abu Jerami, Tradisi Padusan di Banyumas

Meskipun rencana pemekaran sempat batal di era 1998-1999, namun akhir-akhir ini rencana pemekaran Kota Purwokerto dan Kabupaten Banyumas kembali muncul dan kemungkinan sebelum Pemilu 2024 sudah selesai digodog. Rencananya, Kota Purwokerto akan menjadi kota sendiri, terpisah dari kabupaten induknya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya