SOLOPOS.COM - Ketua Pengprov PASI Jawa Tengah Rumini memberikan wejangan kepada para atlet seusai Kejuaraan Nasional Atletik di Semarang, Jawa Tengah, Kamis (11/8/2022). (ANTARA/Zuhdiar Laeis)

Solopos.com, SEMARANG—Tuan rumah Jawa Tengah tampil sebagai runner-up dalam Kejuaraan Nasional Atletik 2022 di Gelanggang Olahraga (GOR) Tri Lomba Juang, Semarang. Meski demikian,  Jateng melampaui target perolehan medali emas.

“Melebihi ya. Dapat 16 mas, targetnya kan 10 medali emas,” kata Ketua Pengurus Provinsi Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Jawa Tengah Rumini, di Semarang, Kamis (11/8/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut dia, Jateng relatif sedikit mengirimkan atlet yakni 70 orang untuk berlaga pada event nasional tersebut. Sementara Jawa Timur yang akhirnya keluar sebagai juara umum mengirimkan lebih dari 100 orang.

Baca Juga: Angkat Pariwisata Lokal, Mandiri Jogja Marathon 2022 Siap Digelar

Meski lebih sedikit secara kuantitas, kata pengajar Universitas Negeri Semarang (Unnes) itu, Jateng lebih selektif dalam pemilihan nomor dan atlet yang diproyeksi meraih emas.

“Memang seleksi betul-betul. mereka yang non (tidak terseleksi) pengin sebenarnya. Tapi, kami siapkan atlet secara terukur. Karena nomor-nomor atletik ini kan terukur. Hampir semua dapat medali,” katanya.

Rumini adalah mantan atlet atletik asal Semarang yang pernah mencetak rekor Sapta Lomba di SEA Games 1993-1997.

Baca Juga: Pemerintah Angkat 193 Atlet Berprestasi Jadi PNS

Pada Kejurnas Atletik 2022, Jatim tampil sebagai juara umum dengan memboyong total 66 medali, terdiri atas 24 medali emas, 25 perak, dan 17 medali perunggu.

Di posisi runner up, Jawa Tengah dengan perolehan 53 medali, terdiri atas 16 medali emas, 19 medali perak, dan 18 medali perunggu.

Sedangkan Jawa Barat menjadi juara ketiga dengan perolehan total 29 medali, terdiri atas 12 medali emas, 8 perak, dan 9 medali perunggu.

Baca Juga: Klasemen Medali APG 2022: Borong 111 Emas, Indonesia Lampaui Target

Kejurnas Atletik 2022 diikuti oleh 1.500 atlet dari 34 provinsi di Indonesia yang melombakan 126 nomor lomba. Juara pada Kejurnas Atletik 2022 akan menjalani pemusatan latihan sebagai persiapan mengikuti SEA Games 2023 di Kamboja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya