Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Meski Berisiko, Kenali Manfaat Berhubungan Seks saat Haid

Berhubungan seks saat haid memang masih menjadi kontroversi lantaran ada risiko mengintai dan di satu sisi justru memberikan manfaat.
SHARE
Meski Berisiko, Kenali Manfaat Berhubungan Seks saat Haid
SOLOPOS.COM - Ilustrasi berhubungan badan. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Berhubungan seks saat haid memang masih menjadi kontroversi lantaran ada risiko kesehatan mengintai dan di satu sisi justru memberikan manfaat. Simak ulasannya di tips kesehatan reproduksi kali ini.

Sebagian wanita mungkin masih merasa takut dan ragu untuk melakukan hubungan seks saat menstruasi. Ada yang memiliki keyakinan bahwa hal tersebut tabu untuk dilakukan, tetapi ada pula yang tidak bermasalah.

PromosiPromo Menarik, Nginep di Loa Living Solo Baru Bisa Nonton Netflix Sepuasmu!

Jika dilihat dari kacamata medis, berhubungan seks saat menstruasi sebenarnya boleh saja dilakukan meski ada risiko yang bisa saja terjadi, terlebih bila aktivitas tersebut tidak dilakukan dengan benar.

Baca Juga: Pakar Ungkap Pentingnya Orgasme pada Wanita

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apa saja manfaat dan risiko berhubungan seks saat haid sebelum Anda dan pasangan hendak mencobanya.  Berikut ini manfaatnya seperti dikutip dari alodokter.com pada Selasa (6/12/2022):

1. Meredakan kram selama menstruasi

Sebagian perempuan akan mengalami keluhan saat menstruasi, seperti kram atau nyeri perut, nyeri payudara, dan sakit kepala. Seks saat menstruasi dipercaya dapat meringankan keluhan tersebut.

Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak

Baca Juga: Awas! Berhubungan Seks saat Haid Tetap bisa Hamil

Saat berhubungan seks, tubuh akan melepaskan hormon endorfin, terutama saat mencapai orgasme. Hormon endorfin merupakan hormon yang bisa memicu munculnya perasaan senang dan mengurangi rasa nyeri.

2. Mengurangi stres

Selain beragam keluhan fisik, tidak sedikit wanita yang juga merasakan perubahan mood, seperti mudah emosi, sedih, atau bahkan depresi. Tidak heran bila wanita bisa mengalami stres selama menstruasi. Dengan melakukan hubungan seks saat menstruasi, gejala fisik maupun psikis yang muncul selama menstruasi bisa berkurang.

Kilas Balik 2022 - Emagz Solopos

Baca Juga: Berhubungan Intim Lebih Sering Bisa Tunda Menopause, Ini Faktanya

3. Mempersingkat masa haid

Manfaat berikutnya dari aktivitas berhubungan seks saat haid adalah membuat menstruasi lebih cepat selesai. Hal ini karena seks saat haid dapat merangsang pelepasan jaringan dinding rahim dan kontraksi otot dinding rahim, sehingga darah haid dan sel telur yang tidak dibuahi lebih cepat keluar.

4. Memberikan kepuasan lebih

Berhubungan seks saat haid juga diketahui bisa memberi manfaat berupa kepuasan lebih. Alasannya, karena terjadi perubahan hormon pada wanita yang sedang menstruasi sehingga merasa lebih bergairah.



Info Digital Tekno
Indeks
Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Info Perbankan
Indeks
Interaktif Solopos
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak
      Emagz Solopos
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Interaktif Solopos
      Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak
      Solopos Stories
      Part of Solopos.com
      ISSN BRIN
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode