Meski Berbau Tak Sedap, Kentut Punya Banyak Manfaat Loh!

Kentut mungkin dianggap tak ada manfaat lantaran dikaitkan dengan gas yang keluar dari tubuh dengan bau tak sedap.
Meski Berbau Tak Sedap, Kentut Punya Banyak Manfaat Loh!
SOLOPOS.COM - Ada sejumlah manfaat kentut. (Ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, SOLO--Kelihatannya sepele dan menimbulkan bau tak sedap, tapi ternyata kentut memiliki sejumlah manfaat. Sebab aktivitas ini tak hanya bikin malu, melainkan juga bisa mengganggu kenyamanan orang lain.

Lalu, apa sajakah manfaat kentut? Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Kentut mungkin dianggap tak bermanfaat lantaran dikaitkan dengan gas yang keluar dari tubuh dengan bau yang sangat tidak enak untuk dihirup. Namun, kentut bukan hanya mengeluarkan gas saja dari dalam tubuh.

Mengutip dari Huffpost.com dan Bisnis.com pada Jumat (25/6/2021), berikut ini  manfaat kentut yang perlu kalian ketahui :

1. Mengurangi perut kembung

Manfaat pertama kentut adalah mengurangi perut kembung. Bagi kebanyakan orang, kembung adalah perasaan bengkak di tubuh dan penambahan berat badan sementara yang tidak berbahaya, tetapi mungkin membuat jeans baru itu sedikit lebih ketat. Kembung terjadi karena gas yang berada di makanan terlalu banyak masuk ke tubuh.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini Ketentuan Isolasi Mandiri dari Kemenkes

Dengan mengeluarkan gas tersebut lewat kentut, tubuh kita akan merasa lebih lega dan kembung di perut akan menyusut dengan perlahan.

2. Membuat lega

Jelas, menahan sesuatu memang tidak enak apalagi menahan perasaan. Kentut pun juga sama, menahan kentut membuat kita menjadi tidak nyaman dan kadang menjadi pemarah. Dengan mengeluarkan kentut membuat kita menjadi lega dan merasa nyaman dalam menjalani kegiatan.

3. Baik untuk kesehatan usus besar

Mengeluarkan gas di dalam tubuh melalui kentut juga akan menjaga kesehatan dari Usus Besar kalian. Sebab dengan menahan kentut Anda berpotensi dapat menyebabkan masalah medis untuk usus besar Anda.

4. Peringatan dini untuk tubuh

Kentut juga bisa menjadi peringatan dini untuk tubuh kita apakah sedang dalam keadaan baik atau tidak. Sebab, Bau yang ekstrim, peningkatan frekuensi gas, dan rasa sakit gas yang aneh dapat mengingatkan Anda pada kondisi ringan seperti intoleransi laktosa, dan ekstrim seperti kanker usus besar.

5. Baunya baik untuk tubuh kita

Memang terdengar aneh, namun penelitian telah menunjukkan bahwa senyawa yang kita hasilkan dalam jumlah kecil dalam gas kita, hidrogen sulfida, sebenarnya dapat melindungi kita dari penyakit di kemudian hari.

Baca Juga: Kecepatan Transmisi Varian Delta Jadi Perhatian Dunia

Gas ini adalah bau "telur busuk" yang sering ada dalam gas pencernaan, dan beracun dalam dosis besar, tetapi dalam dosis kecil dapat mencegah kerusakan sel dan mencegah stroke dan serangan jantung.

6. Dapat membantu diet

Dengan kentut, Anda memetik manfaat yaitu bisa mengetahui makanan apa yang cocok untuk menyeimbangkan diet yang sedang anda lakukan. Misalnya, jika Anda jarang mengeluarkan gas, Anda mungkin membutuhkan lebih banyak serat dan makanan seperti lentil, kacang-kacangan, dan kangkung dalam makanan Anda. Makan terlalu banyak daging merah, sementara itu, dapat menghasilkan bau yang sangat tidak enak di kemudian hari, yang memberitahu Anda bahwa Anda mungkin perlu mengurangi konsumsi Anda.

7. Menunjukkan bakteri di usus Anda sehat

Memang terdengar aneh, tapi orang sering kentut cenderung memiliki tubuh yang ramping dan sehat. Dengan kata lain, harga yang Anda bayar untuk kesehatan keseluruhan yang lebih baik mungkin adalah sistem pencernaan yang sedikit lebih bau.

 

 

Kata Kunci : Kesehatan Info Sehat Kentut
Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago