SOLOPOS.COM - Kondisi mesin pengolah limbah plastik yang meledak di Soropaten, Karanganom, Rabu (24/6/2020). (Espos/Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN – Sebuah mesin pengolah limbah plastik meledak di Dagen RT 011/RW 004, Soropaten, Kecamatan Karanganon, Rabu (24/6/2020). Dahsyatnya ledakan membuat getaran dan suaranya terdengar hingga radius dua kilometer.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, peristiwa itu bermula saat pemilik mesin, Edi Santoso, 35, sedang mencoba komponen di mesin pengolah limbah plastik itu. Percobaan itu dilakukan pada jam istirahat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Saat itu, sebanyak 10 karyawan Edi Santoso sedang istirahat di salah satu rumah tak jauh dari mesin pengolah limbah plastik itu.

Dalam percobaan itu diduga terjadi kesalahan teknis. Akibatnya mesin meledak. Suara dan getaran akibat ledakan itu terasa oleh warga hingga radius dua kilometer.

32 Pasien Covid-19 Sembuh, Sragen Masih Zona Kuning

"Setahu saya, usaha pengolahan limbah di sini sudah berlangsung tiga tahun terakhir. Infonya, tadi sedang mengetes mesin. Saat itulah terjadi ledakan," kata salah satu warga di Soropaten, Wowot alias Hermawan Setyanto, saat ditemui wartawan di lokasi kejadian, Rabu (24/6/2020) sore.

Hal senada dijelaskan warga Soropaten lainnya, Eko Prabowo, 45. Kejadian tersebut juga menggemparkan warga setempat.

"Saat kejadian, saya di depan rumah saya. Dari lokasi berjarak dua kilometer, ledakan masih terdengar dan getaran masih terasa. Awalnya, saya kira suara ban meletus. Ternyata, suara itu bersumber dari ledakan mesin milik Pak Edi," kata Eko.

Dalam insiden itu, Edi Santoso terpental hingga 10 meter. Edi mengalami luka di bagian kepala dan perut. Ia dilaporkan meninggal dunia di lokasi kejadian. Ledakan dan getaran yang keras itu langsung menggemparkan warga di Soropaten, Karanganom.

Setelah kejadian, aparat keamanan langsung mendatangi lokasi tempat kejadian perkara (TKP). Sedangkan, jenazah Edi Santoso dilarikan ke Rumah Sakit Umum Pusat Soeradji Tirtonegoro (RSST) Klaten, Rabu (24/6/2020) sore.

Lagi Dibui, Zumi Zola Digugat Cerai Istri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya