Merinding! Disebut Desa Mati, Begini Kondisi Ratusan Rumah Kosong di Majalengka

Video ratusan rumah yang terbengkalai di daerah Majalengka dan disebut desa mati lantaran tak berpenghuni setelah ditinggalkan para pemiliknya viral di media sosial.
Merinding! Disebut Desa Mati, Begini Kondisi Ratusan Rumah Kosong di Majalengka

Solopos.com, MAJALENGKA — Video yang memperlihatkan desa tanpa penghuni menjadi perbincangan netizen di media sosial. Tayangan video itu menunjukkan rumah-rumah yang terbengkalai lantaran tidak terurus.

Ada juga yang rumah yang tampak hancur akibat tanah longsor. Permukiman yang disebut berada di daerah Majalengka, Jawa Barat itu kemudian disebut desa mati lantaran tak berpenghuni.

Kendati demikian, ada beberapa rumah yang masih terlihat bagus meski tidak berpenghuni. Video itu diunggah pengguna akun Tiktok @dinoabdilah, Senin (12/7/2021). Tayangan video itu juga menunjukkan ada baju yang tergantung di atas pohon dan ada kuburan yang menambah kesan seram pada desa itu.

Baca Juga: Ini Loh Video Viral Lampor Hantu Ketuk Pintu yang Disebut di Malang

“Kalau ramai [tanggapan netizen], kita lanjut penyebab desa ini ditinggalkan #fyp #majalengka,” tulis Dino pada keterangan videonya.

Video yang berjudul Desa Mati Ratusan Rumah Tidak Berpenghuni itu telah mendapatkan 4,3 juta tayangan, 633.500 lebih tanda suka, 33.700 lebih komentar, dan 1.968 kali dibagikan hingga Jumat (23/7/2021).

Video desa mati yang  berlokasi di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat itu lantas memancing rekasi para netizen. Banyak netizen yang penasaran dengan desa yang tak berpenghuni tersebut.

Baca Juga: Viral Tukang Servis HP Keliling Jalanan Demi Penuhi Kebutuhan Selama PPKM Darurat

“Lanjutkan ngab, kemarin-kemarin lihat di Youtube masuk trending belum lihat lagi lanjutannya,” tulis pengguna akun @fidz92.

“Kayak bekas longsor, ayo bang cerita penasaran nih,” tulis pengguna akun @urcahya.

Netizen juga menyayangkan kondisi rumah para penduduk masih bagus namun tidak berpenghuni. “Rumahnya bagus-bagus, sayang ga ada penghuninya,” komentar pengguna akun @lidyaanie. Baca Juga: Kreatif! Pria Ini Bikin Warung Kopi di Dalam Rumah Saat PPKM Darurat

Penyebab Jadi Desa Mati

Berdasarkan penelusuran Solopos.com, Jumat (23/7/2021), desa mati itu bernama Desa Cigintung di Kecamatan Malausma, Kabupaten Majalengka. Penyebab rumah-rumah di desa itu ditinggalkan pemiliknya karena sering terjadi bencana alam seperti gempa bumi dan pergeseran tanah pada 2013.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majalengka kemudian merelokasi para warga Cigintung ke desa tetangga pada 2014 agar tidak membahayakan keselamatan penduduk.

@dinoabdilahhhKalo rame, kita lanjut penyebab desa ini ditinggalkan ? ##fyp ##majalengka? Use this if your friends dislike you – <33


Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago