top ear
Ilustrasi hantu. (Istimewa)
  • SOLOPOS.COM
    Ilustrasi hantu. (Istimewa)

Merinding! Ada 5 Penampakan Ngeri di Solo, Pernah Lihat?

Berikut ini deretan penampakan mengerikan yang pernah terjadi di berbagai lokasi di Solo, Jawa Tengah. Mungkin kamu pernah lihat?
Diterbitkan Kamis, 4/03/2021 - 11:27 WIB
oleh Solopos.com/Nugroho Meidinata
4 menit baca

Solopos.com, SOLO -- Di bawah ini ada penampakan ngeri yang pernah terjadi di beberapa lokasi di Kota Solo, Jawa Tengah.

Karena keangkerannya, beberapa lokasi di bawah ini kerap memunculkan penampakan yang membuat siapa pun yang melihatnya bergidik merinding.

Baca Juga: Kisah Misteri Pesugihan Umbel Meler di Klaten, Dulu Digemari Banyak Orang

Lalu, apa saja penampakan ngeri yang pernah terjadi di Solo?

Berikut ini lima penampakan tersebut, sebagaimana Solopos.com rangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga:  Misteri Ponten Mangkunegaran Solo: Ada Penunggunya, Tapi Pemalu

5 Penampakan Ngeri di Solo

1. Onggo-Inggi

Kondisi air Sungai Bengawan Solo terlihat berbeda yang diduga tercemar limbah pabrik bengawan solo pdam solo mitos
Kondisi air Sungai Bengawan Solo terlihat berbeda yang diduga tercemar limbah pabrik. Foto diambil Minggu (21/6/2020). (Indah Septiyaning W./Solopos)

Legenda hantu Onggo-Inggi begitu melekat di masyarakat yang tinggal di sekitar bantaran Sungai Bengawan Solo.

Menurut informasi dari unggahan pengelola akun Instagram @misterisolo, kemunculan Onggo-Inggi ini ditandai dengan batok kepala berambut yang berserakan di tepian sungai, termasuk di Jembatan Jurug Lawas.

Baca Juga:  Misteri Ular Berkepala Manusia di Embung Pengantin Sukoharjo yang Suka Ganggu Pemancing

"Sosok gundul pringis merupakan sosok yang sering menampakkan wujudnya kepada warga di sekitar jembatan ini. Konon, kemunculannya berupa batok kepala berambut yang berserakan di tepian sungai. Bahkan legenda Onggo-inggi juga banyak muncul di daerah ," ungkap dia.

Onggo-Inggi ini berbentuk kepala tanpa badan yang mempuyai rambut panjang. Di mana rambutnya tersebut kerap digunakan Onggo-Inggi untuk melilit mangsanya yang akan diambil jiwanya.

Baca Juga: Misteri Jelmaan Burung Jalak di Gunung Lawu, Konon Jadi Penunjuk Jalan Pendaki

Selain itu, Onggo-Inggi juga digambarkan dengan kulit pucat bahkan terlihat melepuh dengan gigi taring seperti biji timun.

Menurut cerita, penampakan Onggo-Inggi ini kerap meneror anak perawan atau perjaka yang tinggal di bantaran Sungai Bengawan Solo.

Baca Juga:  Misteri Pohon Beringin Berselimut Kain Bali di Tikungan Tawangmangu Karanganyar

"Onggo-inggi dianggap momok yang sering meneror anak perawan dan perjaka yang tinggal dari dalam arus sungai. Lantas apakah hal tersebut benar adanya? Beberapa cerita leluhur menyebutkan bahwa sosok Onggi-inggi merupakan dayang yang tinggal di dalam pusaran kali Bengawan Solo," kata pengelola akun Instagram @misterisolo.

2. Makhluk Hitam Berbulu

rel bengkong solo
Pengguna jalan melintasi perlintasan KA di Jl Slamet Riyadi, Purwosari, yang lebih dikenal sebagai rel bengkong. Untuk meningkatkan keamanan pengguna jalan, Dishubkominfo Solo akan memasang traffic light dan kamera pengawas CCTV. (JIBI/SOLOPOS/Sunaryo Haryo Bayu)

Sosok penampakan makhluk halus yang juga bikin merinding terdapat di rel kereta api bengkong, Jl Slamet Riyadi, Solo.

Seorang pria bernama Dodi dalam video di kanal Youtube BadBoys Production mengaku melihat sosok wanita berambut panjang dan juga makhluk hitam berbulu.

Baca Juga:  Cerita Misteri Sejoli Mesum di Candi Cetho Karanganyar yang Berakhir Miris

Untuk membuktikan kehadirannya, ia menggunakan pendulum. Dari pendulum tersebut, terlihat bergerak sendiri ke kanan dan kiri yang menandakan kehadiran makhluk gaib di sekitar rel bengkong.

Merasa penasaran, Dodi mencoba menelusuri rel bengkong Solo tersebut. Anehnya, ia menemukan warna hitam menyala, yakni api dari dalam tanah. Ia pun mencoba untuk menyiram api tersebut agar padam. Tetapi, api tersebut tetap menyala.

Baca Juga:  Misteri Sosok Peri yang Kerap Muncul di Waduk Cengklik Boyolali

Selain dua kejadian aneh tersebut, dalam video yang berdurasi sekitar 7 menit tersebut menampilkan penampakan bayangan hitam di pinggir rel.

3. Kuntilanak Ngesot

Dua bus berhenti di Pintu Keluar Bus Barat Terminal Tirtonadi, Kecamatan Banjarsari, Solo, Kamis (7/5/2020). (Wahyu Prakoso)

Di Terminal Tirtonadi, Solo pernah terdapat penampakan berupa kuntilanak ngesot, sosok laki berbadan hancur dan juga sosok menyeramkan berambut gimbal.

Namun, pada awal-awal beroperasi, salah satu makhluk halus yang menggemparkan dan menjadi buah bibir masyarakat adalah kemunculan kuntilanak ngesot. Apalagi kondisi terminal kala itu gelap pada malam hari dan tidak sebaik saat ini.

Baca Juga:  Misteri Kuntilanak Ngesot Hingga Sosok Rambut Gimbal di Terminal Tirtonadi Solo

Hal tersebut diungkap oleh pengelola akun Instagram @misterisolo, Selasa (15/9/2020).

"Dahulu beberapa sudut bangunan memang gelap disertai lumut dan beberapa terdapat tulisan vandal. Munculnya kuntilanak ngesot merupakan hal yang menggemparkan pada masa itu. Konon, berjalan sendiri di lorong terminal pada malam hari merupakan tindakan yang bodoh karena banyaknya kriminalitas dan teror kunti ngesot pada saat itu," ujar dia.

Baca Juga:  Legenda Teror Banaspati di Lapangan Kampung Sewu Solo, Ada yang Ngalami?

4. Suster

Mess Arseto. (Solopos/dok)

Penampakan ngeri lainnya yang terjadi di Solo adalah kehadiran suster-suster dengan wujud menakutkan di lorong bekas Rumah Sakit Kadipolo yang dulu merupakan Mess Arseto.

Bekas rumah sakit era keraton ini memang dikenal sebagai bangunan angker. Tak ayal, banyak penampakan menakutkan di bangunan ini, termasuk kehadian suster-suster yang akan menyambut kamu datang. Percaya?

Baca Juga:  5 Tempat Paling Angker di Wonogiri, Ada yang Jadi Sarang Genderuwo

5. Hantu Tanpa Kepala

karantina pemudik solo vastenburg nataru technopark
Solo Technopark (STP). (Solopos/Dok)

Penampakan lainnya di Solo yang tak kalah mengerikan adalah kehadiran hantu tanpa kepala di Solo Tehcnopark.

Bukan terjadi pada malam hari, teror hantu tanpa kepala ini justru pada siang hari.

Baca Juga: Katanya Ada Pocong Unik di Astana Giribangun Karanganyar, Ini Wujudnya

"Sosok hantu tanpa kepala dengan kemeja hitam sering tampak berjalan di beberapa lorong gedung bahkan ketika siang hari. Sosok genderuwo pun juga melengkapi aura mistis komplek ini. Konon, sang genderuwo sering menampakkan wujudnya yang menyeramkan kepada beberapa siswa yang sedang berada dalam gedung," beber pengelola akun Instagram @misterisolo.

Baca Juga:  Ini Dia Sederet Artis Indonesia yang Meninggal karena Terpapar Covid-19


Editor : Profile Nugroho Meidinata
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com

berita terpopuler

Iklan Baris

berita terkini


Cek Berita Lainnya