SOLOPOS.COM - Pohon Natal ramah lingkungan dari bahan kayu jati bikin Fave Hotel Solo. (Solopos/Ika Yuniati)

Solopos.com, SOLO — Larangan keramaian maupun pesta kembang api tak lantas mengurangi kesakralan Malam Tahun Baru 2022 di Kota Solo dan sekitarnya. Sejumlah hotel menyiapkan paket khusus berupa makan malam dan menginap dengan disiplin protokol kesehatan (prokes) ketat.

Beberapa tema diusung, mulai dari ala Korea, masakan ndesa, hingga paket ratusan menu khusus. Tema Bali Ndesa dihadirkan Fave Hotel Manahan Solo dan Fave Hotel Solo Baru, Sukoharjo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Public Relations Coordinator di Fave Hotel Manahan Solo, and Fave Hotel Solo Baru, Nonik Ratna Dewi, kepada Solopos.com, Minggu (26/12/2021), menjelaskan konsep makan malam Bali Ndeso. Makanan yang disajikan nantinya yakni olahan rumah khas Solo seperti sayur ndesa, gado- gado, timlo Solo, wedang ronde, dan lainnya.

Nonik mengatakan konsep perayaan Malam Tahun Baru tersebut dipilih karena masih dalam situasi pandemi. Banyak yang tak bisa mudik atau pulang kampung, sehingga dihadirkan masakan ala rumah untuk mengobati kerinduan pada kampung halaman.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Pemkot Solo Larang Pesta, Kerumunan, Apalagi Konvoi Malam Tahun Baru

Paket yang ditawarkan yakni Rp.600.000 untuk dua orang. Sementara fasilitas yang didapatkan berupa menginap satu malam di tipe faveroom pada tanggal 31 Desember 2021, serta makan malam dengan menu tempo dulu dan sarapan.

Makan Malam ala Korea

Tak mau kalah, Hotel Lorin Solo menghidupkan suasana Negeri Gingseng dengan mengusung tema Mesmerizing Spring in Korea untuk perayaan Malam Tahun Baru. Senior Public Relations Manager Lorin Solo Hotel & Syariah Hotel Solo, Dhani Wulandari, mengatakan pengunjung bakal diajak menikmati makan malam dengan ambience serta hidangan ala Korea.

Tema tersebut dipilih karena sedang hits dan sedang banyak diminati. Harapannya bisa menghadirkan banyak tamu ke sana. “Tiap tahun ganti tema. Kebetulan kami belum pernah pakai tema Korea. Ini juga lagi hits dan banyak diminati,” kata Dhani.

Ada beberapa paket yang ditawarkan. Mulai dari khusus dinner seharga Rp150.000/pack, hingga makan malam, sarapan, dan menginap untuk dua orang. Paket menginap, breakfast, dan dinner untuk dua orang dibanderol Rp790.000 per malam, hingga Rp1,050 juta per malam. “Intinya tahun baru ini kami mengajak merayakan dengan sederhana. Lebih ke memfasilitasi tamu yang stay. Only dinner,” katanya.

Baca Juga: Penumpang di Bandara Adi Soemarmo Meningkat, Mayoritas Bali dan Jakarta

Sementara itu, mengenai tingkat hunian atau okupansi, masih cukup tinggi hingga, Selasa (28/12/2021). Menurut Dhani, masih banyak grup Meeting Incentive Convention and Exhibition (MICE) yang memesan kamar. Namun, ia belum bisa memprediksi jumlah tamu khusus pergantian tahun.

Paket Staycation

“Paling low pick up-nya di tanggal 24 Desember. Sampai tanggal 28 forecast kami masih tinggi di 260-an kamar. Yang masih deg-degan buat tahun baru. Semoga tetap bisa naik,” harapnya.

Sementara itu, The Alana Hotel & Convention Center Solo juga menawarkan paket staycation untuk perayaan Malam Tahun Baru dan liburan. Paket harga yang mereka tawarkan yakni Rp1,345 juta per kamar per malam untuk superior room.

Baca Juga: Pengunjung TSTJ Solo Membeludak, Parkir Kendaraan Meluber ke Jalan

Fasilitas yang bakal didapatkan yakni makan pagi dan malam untuk dua orang dewasa dan dua anak-anak di bawah enam tahun. Sajian makan malamnya dibuat istimewa dengan 200-an jenis makanan dan minuman. Mulai dari whole turkeys carving, grilled whole fish, Asian roasted duck, chicken Hongkong, hingga beef bourguignon.

“Tahun baru selalu memiliki harapan baru dan pengalaman seru pasti dinantikan oleh semua orang. Kami ingin memberikan pengalaman tak terlupakan dan dapat dibilang luar biasa bagi tamu yang menginap di malam pergantian tahun besok,” terang General Manager The Alana Hotel & Convention Center Solo, Sistho A Sreshtho, Minggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya