Anda bisa mencari berdasar kategori
atau judul berita
Masukan kata kunci

Meriah, Kebo Kinul Sambut Kirab Obor Api ASEAN Para Games di Sukoharjo

Meriah, Kebo Kinul Sambut Kirab Obor Api ASEAN Para Games di Sukoharjo
author
Ika Yuniati Sabtu, 23 Juli 2022 - 20:31 WIB
share
SOLOPOS.COM - Serangkaian acara torch relay atau kirab obor api dalam rangka menyambut ASEAN Para Games 2022 di Sukoharjo, Sabtu (23/7/2022) sore. (Solopos.com/ Magdalena Naviriana Putri).

Solopos.com, SUKOHARJO – Agenda torch relay atau kirab obor api dalam rangka menyambut ASEAN Para Games 2022 di Sukoharjo berlangsung semarak. Obor api diarak dari Stadion Gelora Merdeka Sukoharjo menuju Pendapa Graha Satya Praja (GSP), Sabtu (23/7/2022) sore.

Plh Kepala Dispora Sukoharjo, Abdul Haris Widodo, mengatakan rombongan iring-iringan tersebut terdiri atas empat atlet berprestasi asal Kabupaten Sukoharjo, pembawa bendera, dan juga drum band.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Obor dibawa oleh empat atlet [difabel] asal Sukoharjo secara estafet atau bergantian. Mereka termasuk atlet-atlet berprestasi. Kalau untuk atlet yang akan bertanding [di ASEAN Para Games] ada beberapa pertimbangan dengan banyaknya kerumunan sehingga belum bisa mengikuti membawa obor,” katanya saat ditemui dalam persiapan kirab.

Sebagai tambahan informasi, api tersebut berasal dari Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah, yang sering disebut sebagai api abadi. Kirab obor api berlangsung di Kota Semarang, Kabupaten Sukoharjo, Karanganyar, dan Solo sesuai venue cabang olahraga ASEAN Para Games 2022.

Ekspedisi Mudik 2024

Saat tiba di Gelora Merdeka Jombor Sukoharjo, obor diserahkan oleh Direktur 3 Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC) dan diterima oleh Pelaksana harian (Plh) Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sukoharjo, Abdul Haris Widodo.

Baca juga: Sholikan Atlet Pertama Pembawa Api Abadi Mrapen di APG 2022

Obor api abadi kemudian diserahkan kepada salah satu atlet dan kemudian dikirab menuju halaman Sekretariat Daerah (Setda) Sukoharjo.

Di halaman tersebut iring-iringan disambut dengan tarian Kebo Kinul lengkap dengan iringan musik tradisional. Obor kemudian diterima oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani.

Usai menerima obor dan menyalakan api dalam obor besar. Bupati Etik mengalungkan medali kepada ke empat atlet dan Plh Kepala Dinas Dispora Sukoharjo. Sementara itu Bupati Etik juga mendapatkan medali dari Direktur 3 INASPOC.

Selanjutnya dalam kegiatan itu siswa-siswi dari Sekolah Luar Biasa Hamong Putro Jombor menunjukkan kebolehannya menari di hadapan forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Sukoharjo beserta tamu undangan di Pendapa GSP.

Dalam sambutan di Pendapa GSP, Bupati Etik mengatakan obor api nantinya diserahkan ke kabupaten berikutnya.

Baca juga: 3 Jalan di Sukoharjo Ditutup Pagi-Sore, Ini Rute dan Alternatifnya

“Pada sore [Sabtu] ini obor ASEAN Para Games ke-11 2022 saya berangkatkan menuju Kabupaten Karanganyar,” kata Bupati Etik dalam sambutannya.

Dalam ajang ASEAN Para Games 2022 ini ada empat atlet yang mewakili Kabupaten Sukoharjo. Ia pun mengaku bangga dan berharap mereka membawa nama harum kota tercinta dan Indonesia.

“Saya doakan berjalan lancar dan sukses,” harapannya usai kegiatan.

Kirab Api ASEAN Para Games 2022
Iring-iringan torch relay atau kirab obor api dalam rangka menyambut ASEAN Para Games 2022 di Sukoharjo, Sabtu (23/7/2022) sore. (Solopos.com/ Magdalena Naviriana Putri).

Sementara itu, Kepala Bidang Keolahragaan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sukoharjo, Marwan, usai kegiatan mengatakan Sukoharjo mengirimkan empat atlet dalam gelaran ASEAN Para Games 2022.

Cabang olahraga yang diikuti Kabupaten Sukoharjo ialah tenis meja dan juga bulu tangkis.

Baca juga: Pawai Obor ASEAN Para Games 2022 Diundur Pekan Depan, Ini Sebabnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya
Ekspedisi Mudik 2024

Koran Solopos


Berita Populer

Dapatkan akses tak terbatas
Part of Solopos.com
ISSN BRIN