SOLOPOS.COM - Warga masyarakat di sekitar Lingkungan Pancot, Kelurahan Kalisoro, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar memanjat atap pendapa lingkungan setempat untuk mengambil ayam dalam tradisi Mondosiyo, Selasa (28/6/2022). (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Tradisi Mondosiyo kembali digelar warga di Lingkungan Pancot, Kelurahan Kalisoro, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Selasa (28/6/2022). Tradisi tujuh bulanan itu berlangsung meriah dan disaksikan oleh ratusan warga Tawangmangu dan sekitarnya.

Laki-laki, peremuan, anak-anak, hingga orang dewasa memenuhi jalan-jalan dan halaman pendapa lingkungan setempat. Seperti pada Mondosiyo sebelumnya, acara didahului dengan atraksi reog oleh warga sekitar. Kemudian dilanjutkan dengan tradisi siram Watu Gilan, dan diakhiri dengan perebutan ayam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Acara paling akhir inilah yang paling ramai. Sebab masyarakat berlomba-lomba nenangkap ayam yang sebelumnya dilepas di atap pandapa.

Ekspedisi Mudik 2024

Salah satu tokoh masyarakat setempat, Sulardi, mengatakan Mondosiyo kali ini terasa lebih ramai. “Kalau ritualnya sama. Tapi sepertinya kali ini lebih ramai pengunjungnya dibandingkan sebelumnya,” ujarnya di sela-sela acara.

Baca Juga: Fix! Tradisi Mondosiyo dan Dukutan di Karanganyar jadi Warisan Budaya

Sementara itu, yang sedikit berbeda dalam pelaksanaan Mondosiyo kali ini adalah status tradisi itu sendiri. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebduayaan (Disdikbud) Kabupaten Karanganyar, Yopi Eko Jati Wibowo, mengatakan Mondosiyo Pancot ini sekarang sudah resmi ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB).

Status ini ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). “Yang sedikit berbeda adalah sekarang tradisi ini sudah diakui sebagai WBTB oleh pemerintah melalui Kemendikbudristek,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Yopi sekaligus menyerahkan sertifikat WBTB mewakili Kemendikburstek kepada masyarakat setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya