SOLOPOS.COM - Aksi para peserta lomba memasak menggunakan kompor induksi yang digelar PLN di lima kecamatan di Kota Solo belum lama ini. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Memeriahkan HUT ke-77 Republik Indonesia, PLN menyelenggarakan lomba memasak menggunakan kompor induksi di lima kecamatan di Kota Solo.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Solopos.com, Sabtu (27/8/2022), lomba ini diikuti oleh Keluarga Penerima Manfaat dari Program Pengalihan Energi Berbasis Impor Menjadi Domestik. Tercatat, setidaknya ada 1.000 keluarga di Kota Solo yang menerima Paket Program ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Target penerima program konversi kompor induksi adalah untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) pelanggan daya 450 VA Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), 450 VA Non DTKS, 900 VA DTKS, 900 VA NON DTKS dan UMKM di Kota Solo.

Rangkaian acara lomba yang mengusung kompor induksi digelar pada 22-25 Agustus 2022. Lomba memasak yang dilaksanakan di lima kecamatan di Kota Solo ini mengusung tema masakan Kreasi Bakmi. Lokasi lomba tersebar di lima kecamatan di Kota Solo dengan total jumlah peserta 100 orang yang terbagi menjadi dua tim.

Sebagai juri dalam lomba memasak adalah masing-masing istri camat, istri sekretaris camat dan perwakilan persatuan istri karyawan dan karyawati PLN.

Baca Juga: Transisi Energi Efektif Dimulai dari Komunitas Warga

Kelebihan Kompor Induksi

Para pemenang lomba memasak menggunakan kompor induksi yang digelar PLN di lima kecamatan di Kota Solo belum lama ini. (Istimewa)
Para pemenang lomba memasak menggunakan kompor induksi yang digelar PLN di lima kecamatan di Kota Solo belum lama ini. (Istimewa)

Setiap peserta yang mengikuti lomba memasak mendapatkan 1 buah wajan antilengket yang dapat digunakan untuk memasak dengan kompor induksi.

Selain lomba memasak, dilaksanakan juga lomba video memasak dengan kompor induksi. Kurang lebih 89 video yang diikutkan dalam perlombaan ini.

Kegiatan perlombaan memasak ini sekaligus menyosialisasikan sejumlah keunggulan kompor induksi.  Kelebihan kompor induksi di antaranya praktis, efisien, aman, cepat, ekonomis, dan mantab.

Praktis karena penggunaan kompor induksi cukup mudah yaitu cukup dicolokan ke listrik. Lebih efisien dan lebih cepat karena tidak menimbulkan api dan suhu dapat dikontrol dengan mudah.

Baca Juga: PLN UID Jateng & DIY Raih Marketing Champion Awards dari MarkPlus

Lebih aman karena dapat meminimalkan risiko benda terbakar jika ada benda yang dekat dengan kompor. Kompor induksi juga otomatis mati saat wajan atau panci diangkat dari kompor.

Lebih ekonomis karena kompor induksi bekerja dengan cara memanaskan alat masak secara langsung menggunakan energi elektromanetik sehingga hanya alat masak yang panas dan kompor tetap dingin.

Berbagai kelebihan yang ditawarkan membuat kompor induksi makin mantab untuk selalu digunakan. Dengan mengusung tema “Merdeka Bersama Nyaman Kompor Induksi” lomba ini diharapkan mampu menjadi pemicu Keluarga Penerima Manfaat untuk terus menggunakan kompor induksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya