SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pencurian (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Masyarakat di Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta, nampaknya harus lebih waspada terhadap aksi pencurian. Hal ini karena kasus pencurian terjadi dalam waktu dua hari dengan 10 lokasi kejadian di wilayah Kecamatan Tanjungsari.

Kapolsek Tanjungsari, AKP Wawan Anggoro, mengatakan keamanan dan ketertiban di wilayahnya terusik dengan adanya kasus pencurian beruntun dari rumah ke rumah. Total dalam kurun waktu dua hari, ada 10 lokasi pencurian yang tersebar di Kalurahan Ngestirejo dan Banjarejo.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kasus pencurian pertama diketahui terjadi pada 28 Juli di Kalurahan Ngestirejo. Saat itu, ada tujuh warga yang menjadi korban pencurian.

Berselang lima hari kemudian tepatnya Selasa (2/8/2022), pencurian kembali terjadi. Namun, kali ini pencurian itu menimpa tiga warga di Kalurahan Banjarejo.

Baca Juga: Siswi Depresi karena Dipaksa Berjilbab, 4 Guru di Bantul Dipanggil ORI

“Rata-rata yang hilang uang dan perhiasan,” kata Wawan kepada wartawan, Rabu (3/8/2022).

Dia menuturkan sudah ada upaya penyelidikan untuk mengungkap kasus pencurian yang meresahkan masyarakat itu. Selain mengumpulkan bukti-bukti di lokasi kejadian, polisi juga telah memeriksa sejumlah saksi.

Wawan mengaku pengungkapan kasus ini masih membutuhkan waktu. Untuk itu, masyarakat diminta bersabar.

Diduga kuat, pelaku pencurian di 10 lokasi ini merupakan kawanan maling yang sama. Hal ini terlihat dari modus operandi dan waktu kejadian.

Baca Juga: Guru SMP di Gunungkidul Ditemukan Meninggal di Rumah, Begini Kondisinya

Hasil penyelidikan awal, kata dia, diketahui pencurian terjadi antara pukul 02.00 WIB sampai 03.30 WIB. Sedangkan untuk modusnya yakni dengan cara mencongkel jendela rumah.

“Warga tahu-tahu bangun kondisi jendela rusak dan setelah diteliti ada uang atau perhiasan yang hilang,” katanya.

Wawan berharap kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dengan menggiatkan keamanan di lingkungan masing-masing.

“Peran dan partisipasi dari masyarakat ini sangat penting untuk memastikan kambtibmas tetap kondusif,” kata dia.

Baca Juga: Dianggap Keramat, Nelayan di Gunungkidul Pantang Melaut Pada 2 Hari Ini

Lurah Banjarejo, Dwi Haryanto, mengatakan pada Selasa dini hari ada tiga warganya yang menjadi korban pencurian dengan modus congkel jendela.

“Lokasinya ada di Dusun Padangan, Ngepoh dan Weru. Adapun yang hilang ada uang dan perhiasan,” katanya.

Atas kejadian ini, dia menginstruksikan warganya supaya meningkatkan sistem keamanan lingkungan. Selain itu, kelompok jaga warga juga dilibatkan dalam upaya memastikan lingkungan rumah tetap aman.

“Segala upaya untuk meningkatkan keamanan kami lakukan sehingga kasus pencurian tidak terjadi lagi,” ujar dia.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Maling Bertebaran di Gunungkidul, Sehari 7 Warga Jadi Korban

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya