SOLOPOS.COM - ilustrasi (google img)

ilustrasi (google img)

JOGJA—Mobil Jepang atau Korea saat ini boleh saja menjejali pasar Indonesia. Namun itu hanya untuk mobil baru. Sedangkan di pasar mobil lawas pilihan tetap jatuh pada mobil buatan Eropa dan Amerika. Mobil buatan dua benua ini telah teruji lebih unggul dibanding mobil keluaran Jepang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tak heran bila mobil jadul itu hingga saat ini masih terus diburu meski harganya jauh mengalahkan mobil baru.

Penggemar mobil lawas Wisnu Pratondo menuturkan, kalau sudah menyangkut mobil jadul pilihanya jatuh ke mobil buatan Eropa seperti Mercedes Benz keluaran 1950-an atau buatan Amerika seperti Ford dan Chevrolet. Banyak keunggulan yang dimiliki mobil itu dan tak dimiliki mobil buatan Jepang yang sekarang merajai pasar Indonesia. Pertama soal ketahanan tentunya.

“Kalau mobil Jepang baru dua tahun dipakai sudah bisa dihancurkan, kalau mobil Eropa mau keluaran 1928, sekarang masih bisa dipakai,” ujarnya kepada Harian Jogja belum lama ini. Dari sisi tampilan luar meski klasik tetap menarik tak kalah dengan mobil masa kini. Belum lagi soal kenyamanan dan keamanan saat digunakan.

Beberapa mobil lawas yang sering diincar karena ingin dijadikan koleksi seperti Mercedes Benz, Chevrolet dan Chrysler buatan 1950-an.

Saking diminatinya, mobil jadul keluaran Eropa dan Amerika ini jauh lebih mahal dibanding mobil baru buatan Jepang. “Kalau mobilnya saja tapi belum bisa jalan karena harus direparasi sekitar Rp75 juta-Rp150 juta. Untuk membuatnya seperti bentuk asli dan bisa jalan biayanya mencapai Rp800 juta-Rp1 miliar,” ungkap Wisnu.

MPV Banyak Diburu

Di salah satu bursa mobil bekas teramai di Jogja yakni di area TVRI misalnya, jenis mobil yang menjadi favorit adalah Multi puprpose vehicle (MPV), khususnya jenis Toyota Avansa dan Daihatsu Xenia.

Marketing Mentari Motor, Syafani mengatakan, saat ini kondisi pasar mobil bekas cukup bagus, setelah kemarin sempat lesu di musim tahun ajaran baru. “Saat ini, hampir setiap bursa mobil di TVRI ramai dikunjungi pembeli, tak seperti kemarin pas Lebaran sepi sekali,” ujarnya saat ditemui ketika bursa mobil bekas beberapa waktu lalu.

Menurutnya, kebanyakan masyarakat mencari mobil dengan harga berkisar antara Rp100 juta hingga Rp150 juta. “Paling banyak di cari itu Avansa dan Xenia disusul Kijang Innova,” katanya.

Marketing Artomoro Mobil, Fikri menambahkan, hampir sebagian besar pengunjung di bursa TVRI merupakan pembeli potensial.  Mereka benar-benar mengincar mobil yang berkualitas dengan performa bodi dan mesin bagus. Tidak hanya dari DIY, banyak juga pembeli yang datang dari Jawa Tengah.

“Mereka kebanyakan mencari mobil keluarga dengan kualitas yang masih bagus. Setiap hari saya pajang delapan mobil, dan semuanya kondisinya bagus,” katanya pada kesempatan yang sama.

Daftar harga mobil bekas

Kijang 1990                Rp50 juta-an

Taft Diesel 1991          Rp80 juta-an

Honda Grand Civic 1991       Rp38 juta-an

Honda Wonder 1984              Rp30 juta-an

Toyota Starlet 1993                 Rp40 juta-an

Toyota Great Corola 1992      Rp77 juta-an

Sumber : Showroom jual beli mobil bekas Wisnu Mobilindo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya