SOLOPOS.COM - Perawatan motor matik. (Otorider.com)

Solopos.com, SOLO — Motor matik sedang menjadi idola di Indonesia sehingga pabrikan sepeda motor berani bersaing dengan mengeluarkan produk barunya ke pasar otomotif.

Agar mampu bersaing motor matik terbaru pun dilengkapi dengan sejumlah fitur yang membuat pemilik dan pengendaranya nyaman dan aman selama mengendarainya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bahkan teknologi pendukung pun disematkan seperti adanya charger handphone, sehingga sambil berkendara, pemilik motor bisa mengisi daya baterai gawainya.

Kendati banyak pengemarnya, motor matik kondisinya tidak selalu prima jika pemiliknya tidak melakukan perawatan rutin.

Ekspedisi Mudik 2024

Tidak hanya itu, beberapa pemilik motor matik pernah merasakan ketika mengendarai kendaraannya, salah satunya tarikan terasa berat saat putaran awal.

Baca juga: Berapa Harga Mobil Listrik Bekas di Indonesia, Cek Yuk

Dikutip Solopos.com dari Otorider.com, tarikan motor matik di awal terasa berat tersebut tentu sangat menganggu. Lantas, apa sih penyebabnya?

Menurut penjelasan Kepala Mekanik Takutic di Kebagusan, Jakarta Selatan, Pardiman penyebab tarikan motor matik terasa berat di putaran awal karena sistem bahan bakar.

“Sebenarnya ada banyak komponen penyebabnya, tapi paling sering dari sistem bahan bakarnya. Aliran bahan bakar yang tersendat, jadi sistem pengkabutan tidak maksimal,” kata Pardiman kepada Otorider.

Baca juga: Begini Posisi Tangan dan Kaki Paling Aman-Nyaman saat Naik Motor Matik

Komponen penyalur bahan bakar pada motor matik injeksi meliputi fuel pump, throttle body, dan injector. Sehingga Anda bisa mengecek bagian-bagian tersebut.

”Biasanya kita cek tekanan fuel pump, injector semprotannya masih kencang atau tidak, dan kondisi throttle body,” jelasnya.

Setelah melakukan pengecekan kondisi komponen-komponen tersebut, tahap selanjutnya dibersihkan. “Biasanya kotoran juga bisa jadi penyebabnya, aliran bahan bakar jadi tidak lancar,” imbuhnya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya