Merapi Muntahkan Awan Panas ke Arah Tenggara

Jarak luncur awan panas yang terjadi hari ini masih dalam jarak prakiraan potensi bahaya erupsi Gunung Merapi.
Merapi Muntahkan Awan Panas ke Arah Tenggara

Solopos.com, SLEMAN – Gunung Merapi terpantau kembali meluncurkan awan panas pada Rabu (30/6/2021). Kejadian guguran lava dan awan panas guguran dengan intensitas yang cukup tinggi.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Hanik Humaida, menjelaskan aktivitas Gunung Merapi. Terkait luncuran awan panas panas dari puncak Merapi pada Rabu (30/6).

Baca juga: Kewalahan Atasi Tingginya Kematian Pasien Covid-19, Tim Pemakaman BPBD Sleman Tutup Sementara

Berdasarkan laporan aktivitas Gunung Merapi periode pengamatan 30 Juni 2021 pukul 12.00-18.00 WIB, teramati sembilan kali awan panas. Dengan amplitudo maksimal 60 mm dan durasi maksimal 128 detik.

“Sebanyak delapan awan panas dari Merapi meluncur ke arah tenggara. Yakni hulu Kali Gendol dengan jarak luncur maksimal 1 km. Kemudian satu awan panas dengan jarak luncur maksimal 1,3 km ke arah barat daya. Angin dominan berembus ke barat saat kejadian awan panas,” kata Hanik.

Baca juga: Potensi Tsunami di Selatan Jawa: UGM Jogja Punya Peramal Canggih, Bisa Deteksi Gempa Sejak H-3

Jarak luncur awan panas yang terjadi hari ini masih dalam jarak prakiraan potensi bahaya erupsi Gunung Merapi. Yaitu sejauh 3 km dari puncak ke Sungai Woro serta 5 km dari puncak ke Sungai Gendol, Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih.

Erupsi eksplosif masih berpeluang terjadi dengan ancaman bahaya berupa lontaran material dalam radius 3 km dari puncak Gunung Merapi.

Oleh karena itu masyarakat diimbau untuk tetap waspada, tidak panik terkait awan panas Merapi. Serta selalu mengikuti informasi dari sumber yang terpercaya mengenai aktivitas Gunung Merapi.

Baca juga: Bantul Masih Tutup Objek Wisata, Ratusan Kendaraan Diputar Balik, Pengunjung Kecele

 


Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago