SOLOPOS.COM - Tim Indonesia meraih gelar juara Piala Thomas 2020. (Badminton Indonesia)

Solopos.com, SOLO – Hukuman dari Badan Anti-Doping Dunia (WADA) kepada Indonesia ternyata langsung berdampak pada gelaran Piala Thomas 2020. Indonesia yang menjadi juara tak bisa mengibarkan Bendera Merah Putih.

Indonesia menang setelah mengalahkan China di babak final, Minggu (18/10/2021) malam. Indonesia menang dengan skor 3-0 setelah Anthony Sinisuka Ginting, Fajar Alfian/Rian Ardianto, dan Jonatan Christie menang dalam masing-masing partai yang dijalani.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga: RI Sabet Piala Thomas, Jojo : Kemenangan Ini untuk Rakyat Indonesia

Saat penyerahan piala, tak ada Bendera Merah Putih yang berkibar. Meski, lagu kebangsaan Indonesia Raya tetap dikumandangkan. Hanya ada bendera PBSI yang berdampingan dengan bendera nasional milik China, Denmark, dan Jepang sebagai finalis dan semifinalis.

Tak dikibarkannya Bendera Merah Putih di Piala Thomas itu adalah buntut dari sanksi yang diterima Indonesia dari WADA. Indonesia dianggap menyalahi aturan anti-doping yakni test doping plan (TDP) pada 2020.

“Saya sekaligus memperkuat apa yang disampaikan oleh LADI tentang permohonan maaf, saya juga mohon maaf atas kejadian yang membuat kita semua jadi tidak enak dan nyaman,” kata Menpora Zainudin Amali seperti dikutip dari Detikcom.

Baca Juga: Piala Thomas: Pesta Juara Tanpa Kibaran Bendera

“Harusnya kita menikmati kegembiraan dengan Piala Thomas yang kembali ke pangkuan kita setelah dua dekade, tapi kegembiraan itu berkurang karena tidak bisa menyaksikan bendera Merah-Putih dikibarkan.”

“Atas kejadian itu saya juga mohon maaf kepada seluruh rakyat Indonesia. Kita akan serius menangani ini. Pihak yang nantinya terindikasi menjadi penyebab kejadian ini, tentu juga harus mempertangungjawabkannya. Ini menjadi pekerjaan pak Okto menginvestigasi dan juga mengakselerasi,” lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya