SOLOPOS.COM - Solo akan menjadi lokasi pelaksanaan Commute Run yang digekar KAI Commuter (KCI), Minggu (18/9/2022).(Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Solo akan menjadi lokasi pelaksanaan Commute Run yang digelar KAI Commuter (KCI), Minggu (18/9/2022). Event olahraga fun run tersebut akan menelusuri jalur antarstasiun yang ada di Solo hingga Palur.

Selain mengajak masyarakat hidup sehat dengan berolahraga, ajang tersebut akan menjadi sarana edukasi dan sosialisasi rute KRL Solo-Jogja yang juga sampai di Palur, Karanganyar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Vice President Corporate Communication PT KAI Commuter, Anne Purba, menyampaikan penyelenggaraan event tersebut dilatarbelakangi oleh beberapa hal. Salah satunya, sebagai bentuk apresiasi kepada seluruh stakeholder terutama pengguna jasa KRL atau kereta rel listrik.

Terlebih saat ini KRL Solo-Jogja telah beroperasi selama setahun lebih. Sementara sejauh ini belum pernah dilakukan kegiatan offline untuk memberikan apresiasi itu.

“Jadi ini memang kegiatan offline pertama kami setelah pandemi. Ini juga sudah lebih dari satu tahun kami beroperasi di sana. Jadi ini merupakan salah satu bentuk apresiasi kami,” kata dia, Jumat (16/9/2022).

Baca Juga: PT KAI Buka Lowongan Kerja untuk Lulusan SMA, D3, D4, hingga S1

Dia mengatakan event tersebut juga digelar dalam rangka ulang tahun ke-14 KAI Commuter. Dimana alat transportasi yang digunakan sudah mengusung konsep ramah lingkungan.

Dengan begitu berkaitan dengan hal-hal untuk menunjang kesehatan, kegiatan-kegiatan pendukung pun dilakukan. Salah satu contohnya adalah Commuter Run. Ke depan mungkin bisa dilakukan dengan kegiatan bersepeda dan sebagainya.

Kegiatan Commuter Run akan digelar pada Minggu (18/9/2022) pagi sekitar pukul 06.00 WIB dengan lokasi start di Stasiun Purwosari. Kemudian lokasi finis adalah Stasiun Purwosari, Karanganyar.

“Ini juga bentuk sosialisasi jalur [kereta] kami. Jalur-jalur [lari] kita ini kan kalau dilihat juga nelalui stasiun-stasiun. Kami harapkan dari acara ini bisa menjadi suatu hal yang bisa mendekatkan kami ke masyarakat. Semoga menjadi suatu hal yang memberi edukasi yang baik terhadap Commuter sehat,” jelas dia.

Baca Juga: Kementerian PUPR Butuh Rp300 Triliun untuk Bereskan Perlintasan Kereta

Teknis start, pemberangkatan pelari/peserta Commuter Run akan dibagi tiga sesi dengan jeda antar sesi 2-3 menit. Sesi pertama untuk Peserta Etape 3, dengan rute Purwosari-Palur (10K). Sesi kedua untuk Peserta Etape 2 dengan rute Purwosari-Jebres (6K). Kemudian sesi ketiga untuk Peserta Etape 1 dengan rute Purwosari-Balapan (2K).

Untuk teknis finis, lokasi finis Etape 3 adalah di bawah flyover Palur. Dari sana peserta diminta masuk ke halaman Stasiun Palur. Di tempat inilah akan digelar seremoni penyerahan hadiah kepada juara dan hiburan.

Menurut keterangan panitia, pada setiap kategori, yakni 10K, 6K dan 2K, akan diambil juara 1, 2 dan 3 baik untuk pria dan wanita. Hadiah yang disiapkan ada puluhan juta rupiah serta door prize berupa sepeda MTB, jam tangan dan smartphone. Kemudian bagi 200 finisher akan mendapatkan medali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya