Menyeruput Teh Gambyong, Teh Bercita Rasa Kopi Khas Kemuning

Di Desa Kemuning, Ngargyoso, Karanganyar, memiliki teh dengan rasa yang khas, yakni bercita rasa kopi. Teh hitam dengan rasa kopo ini dijual oleh Eko Wuryanto, warga setempat, dengan nama Teh Gambyong.
SHARE
Menyeruput Teh Gambyong, Teh Bercita Rasa Kopi Khas Kemuning
SOLOPOS.COM - Pemilik Teh Gambyong asal Mbadan, Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Eko Wuryanto. Foto Senin (23/5/2022). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Cita rasa teh di masing-masing daerah memiliki kekhasan tersendiri. Tak terkecuali teh asal Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Teh dari kawasan lereng Gunung Lawu ini ada yang memiliki cita rasa yang khas aroma kopi. Rasa teh setelah diseduh memiliki rasa kopi baik aroma hingga rasa.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

“Teh Kemuning ini khas sekali. Rasa dan aromanya mirip kopi,” kata pemilik Teh Gambyong, Eko Wuryanto, ketika dijumpai Solopos.com, di rumahnya pada Senin (23/5/2022).

Surat untuk Bunda Selvi Gibran

Eko memproduksi teh khas Kemuning ini. Ia namakan Teh Hitam Gambyong. Teh khas Kemuning tersebut kini banyak diburu pecinta teh dari berbagai daerah. Terutama wisatawan yang berkunjung ke wilayah Ngargoyoso.

Teh Hitam Gambyong asal Dusun Mbadan RT 004/RW007, Kemuning, ini diproduksi sejak tahun 2014. “Saya bisa menjamin jika rasa kopi di dalam teh ini tidak ditemukan di daerah lain. Ini khas sekali,” imbuhnya.

Baca Juga: Kisah Wanita-Wanita Pemetik Daun Teh Kemuning, Upahnya Rp700 Per Kg

teh gambyong kemuning karanganyar
Pekerja mengolah Teh Gambyong yang diproduksi di rumah milik Eko Wuryanto, warga Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar pada Senin (23/5/2022). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Dalam sehari, Eko mampu memproduksi 300 kilogram (kg) teh. Usaha ini awalnya dibangun karena melihat peluang banyaknya wisatawan yang datang ke Ngargoyoso. Tak sedikit para wisatawan ini mencari oleh-oleh khas dari Kemuning.

Karena Kemuning identik dengan kebun teh, maka wisatawan mencari oleh-oleh berupa teh khas Kemuning. Namun saat itu wisatawan kesulitan mencari teh khas Kemuning.

“Karena itu kita buat teh sendiri dengan cita rasa original Kemuning,” jelasnya.

Teh Hitam Gambyong dijual mulai harga Rp7.000 hingga Rp20.000 per kemasan. Selain dijual dengan signature kopi, ia juga mengombinasikan bahan lain seperti jahe, serai, daun mint, dan teh hijau untuk mendapatkan cita rasa teh yang berbeda-beda.

Baca Juga: Beda Cara Pengolahan, Beda Jenis Teh yang Dihasilkan

Ia memproduksi berbagai jenis teh, seperti teh hijau, teh putih, teh secang, teh oolong, teh tarik, dan lainnya. Teh tersebut memiliki manfaat untuk kesehatan.

“Saat ini teh Gambyong sudah dipasarkan hingga luar Pulau Jawa,” katanya.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago