SOLOPOS.COM - Pemilik Teh Gambyong asal Mbadan, Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Eko Wuryanto. Foto Senin (23/5/2022). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Cita rasa teh di masing-masing daerah memiliki kekhasan tersendiri. Tak terkecuali teh asal Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Teh dari kawasan lereng Gunung Lawu ini ada yang memiliki cita rasa yang khas aroma kopi. Rasa teh setelah diseduh memiliki rasa kopi baik aroma hingga rasa.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Teh Kemuning ini khas sekali. Rasa dan aromanya mirip kopi,” kata pemilik Teh Gambyong, Eko Wuryanto, ketika dijumpai Solopos.com, di rumahnya pada Senin (23/5/2022).

Eko memproduksi teh khas Kemuning ini. Ia namakan Teh Hitam Gambyong. Teh khas Kemuning tersebut kini banyak diburu pecinta teh dari berbagai daerah. Terutama wisatawan yang berkunjung ke wilayah Ngargoyoso.

Teh Hitam Gambyong asal Dusun Mbadan RT 004/RW007, Kemuning, ini diproduksi sejak tahun 2014. “Saya bisa menjamin jika rasa kopi di dalam teh ini tidak ditemukan di daerah lain. Ini khas sekali,” imbuhnya.

Baca Juga: Kisah Wanita-Wanita Pemetik Daun Teh Kemuning, Upahnya Rp700 Per Kg

teh gambyong kemuning karanganyar
Pekerja mengolah Teh Gambyong yang diproduksi di rumah milik Eko Wuryanto, warga Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar pada Senin (23/5/2022). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Dalam sehari, Eko mampu memproduksi 300 kilogram (kg) teh. Usaha ini awalnya dibangun karena melihat peluang banyaknya wisatawan yang datang ke Ngargoyoso. Tak sedikit para wisatawan ini mencari oleh-oleh khas dari Kemuning.

Karena Kemuning identik dengan kebun teh, maka wisatawan mencari oleh-oleh berupa teh khas Kemuning. Namun saat itu wisatawan kesulitan mencari teh khas Kemuning.

“Karena itu kita buat teh sendiri dengan cita rasa original Kemuning,” jelasnya.

Teh Hitam Gambyong dijual mulai harga Rp7.000 hingga Rp20.000 per kemasan. Selain dijual dengan signature kopi, ia juga mengombinasikan bahan lain seperti jahe, serai, daun mint, dan teh hijau untuk mendapatkan cita rasa teh yang berbeda-beda.

Baca Juga: Beda Cara Pengolahan, Beda Jenis Teh yang Dihasilkan

Ia memproduksi berbagai jenis teh, seperti teh hijau, teh putih, teh secang, teh oolong, teh tarik, dan lainnya. Teh tersebut memiliki manfaat untuk kesehatan.

“Saat ini teh Gambyong sudah dipasarkan hingga luar Pulau Jawa,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya