SOLOPOS.COM - Ilustrasi menelepon (JIBI/Solopos/Reuters/Aly Song)

Salah satu lokasi yang menjadi prioritas utama pengamanan jaringan adalah Alun-Alun Jogja

Harianjogja.com, JOGJA-Menyambut pergantian tahun, perusahaan telekomunikasi atau provider berlomba-lomba menyediakan jaringan yang memadai agar pelanggannya nyaman dan tetap loyal.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menyadari tingginya penggunaan data pada malam Tahun Baru, Smartfren mempersiapkan mulai jaringan sampai tim yang menjaga kestabilan jaringannya. Regional Head South East Java Area Smartfren Joseph Marthinus Gultom menjelaskan, Smartfren sudah menyiapkan cadangan jika terjadi fiber optic yang putus.

“Supaya user tidak begitu merasakan dampaknya, yang biasanya bisa black out atau lost signal,” katanya, Sabtu (30/12/2017).

Selain itu, Smartfren juga sudah melakukan upgrade kapasitas terhadap 118 Base Transceiver Station (BTS) dari 850 Mhz ke 2.300 Mhz sehingga dipastikan jaringan aman.

Sementara, dari Telkomsel, optimalisasi jaringan dilakukan di 74 titik yang diprediksi menjadi pusat keramaian publik pada periode liburan Natal dan Tahun Baru. Titik itu seperti pusat perbelanjaan, objek wisata, alun-alun, bandara, terminal, stasiun, serta pelabuhan.

Dari seluruh titik tersebut, salah satu lokasi yang menjadi prioritas utama pengamanan jaringan adalah Alun-Alun Jogja. Telkomsel mengoptimalkan jaringan 4G dan 3G yang diperkirakan mengalami kenaikan penggunaan layanan data pada periode Natal dan Tahun Baru sebesar 158%.

General Manager Information and Communication Technology (ICT) Operation Region Jateng & DIY Telkomsel Iswandi mengatakan, Telkomsel telah meningkatkan kualitas dan menambah kapasitas jaringan untuk memastikan kondisi jaringan tetap prima sehingga pelanggan selalu nyaman berkomunikasi selama menikmati liburan Natal dan Tahun Baru, bahkan pada kondisi trafik paling padat sekalipun.

“Kami juga secara rutin melakukan uji jaringan, baik dalam kondisi bergerak maupun tidak bergerak, untuk menjamin kelancaran penggunaan layanan data yang biasanya dimanfaatkan pelanggan untuk mengunggah foto atau video aktivitas pergantian tahun melalui perangkatnya,” katanya.

Pada puncak periode Natal dan Tahun Baru, trafik layanan data diperkirakan meningkat 52% dibandingkan hari biasa. Sementara trafik layanan SMS diprediksi mengalami kenaikan lebih dari 9% pada periode ini. Trafik layanan suara diperkirakan naik sekitar 2%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya