SOLOPOS.COM - Menyalakan AC mobil saat di parkiran. (Auto2000.co.id)

Solopos.com, SOLO — Cuaca panas saat ini keberadaan AC mobil sangat membantu meredamnya sehingga perjalanan dengan kendaraan pribadi menjadi lebih nyaman.

Apabila menggunakan AC mobil saat kendaraan melaju, tidak menjadi masalah. Namun apakah boleh menyalakan AC mobil saat kendaraan sedang parkir.

Promosi Ongen Saknosiwi dan Tibo Monabesa, Dua Emas yang Telat Berkilau

Hal ini mengingat ada sejumlah kejadian yang tidak mengenakan ketika menyalakan AC mobil saat sedang parkir. Di mana sempat menimbulkan korban jiwa juga.

Lantas apakah menyalakan AC mobil saat parkir berbahaya atau tidak. Berikut penjelasannya dikutip Solopos.com dari Auto2000.co.id.

Ekspedisi Mudik 2024

Ketika menunggu di parkiran agar tidak membosankan, biasanya dengan tetap menyalakan mesin dan AC mobil disertai hiburan dari head unit.

Baca juga: Produk Baru Meluncur, Honda Vario 125 dan 150 Disuntik Mati?

Sebenarnya tidak masalah menyalakan dua komponen tersebut karena arus aki mobil akan terus terisi dan tergantikan selama mobil dalam keadaan menyala.

Namun, mesin mobil yang terus menyala, termasuk AC dan audio sebenarnya tidak ada masalah jika dilakukan dalam waktu singkat dan sebaiknya tidak dilakukan dalam waktu yang lama.

Ingat juga lingkungan sekitar mobil karena ketika mesin menyala, gas buang dari knalpot terus keluar dan dapat membahayakan orang di sekitar mobil.

Gas buang dari mesin mobil terutama karbonmonoksida (CO) itu berbahaya bagi manusia jika terhirup dengan paparan yang berlebihan.

Baca juga: Ini Cara Membeli Mobil Tarikan Leasing, Biar Tidak Tertipu

Jika gas buang tersebut masuk ke kabin lewat berbagai celah sempit yang tersedia, terutama saat mobil parkir dan mesinnya menyala, akan membahayakan penumpang di dalamnya.

Bahaya ini semakin bertambah apabila jendela kabin mobil berada dalam kondisi tertutup rapat karena sedang menyalakan AC mobil. Akibatnya, gas tersebut terperangkap di dalam kabin mobil dan akhirnya terhirup oleh penumpang.

Agar tidak berbahaya jika tetap ingin menyalakan AC dan mesin mobil masih hidup, usahakan untuk membuka jendelanya. sehingga gas buang dalam kabin terdorong keluar.

Namun sebaiknya, jika hendak menyalakan AC sambil parkir dalam kondisi mesin menyala jangan dilakukan dalam waktu yang lama.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya