SOLOPOS.COM - Jalan tol Semarang-Demak teintegrasi tanggul laut pada Mei 2022. (bpjt.pu.go.id)

Solopos.com, JAKARTA–Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan tidak akan menunda penyesuaian tarif tol hingga akhir 2022.

Basuki mengatakan penundaan penyesuaian tarif tol hanya diberlakukan pada saat pandemi Covid-19 yang berdampak terhadap turunnya volume lalu lintas kendaraan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun, pada saat ini dengan kondisi ekonomi yang sudah mulai bergerak maka sesuai dengan aturan dan perhitungan inflasi maka penyesuaian tetap diberlakukan.

“Kita selalu survei kemampuan membayar masyarakat, selama penyesuaian di bawah willingness to pay kita akan sesuaikan,” ujarnya saat tinjauan proyek Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi, Selasa (20/9/2022).

Basuki mengungkapkan salah satu pertimbangan lain untuk tetap dilakukannya penyesuaian jalan tol adalah menjaga agar kondisi investasi jalan tol tetap terjaga.

Baca Juga: Cegah Kecelakaan seperti di Tol Brebes, Polres Semarang Cek Tol Bawen-Ungaran

Penyesuaian tarif jalan tol juga akan berdampak terhadap pengembalian investasi yang telah dikeluarkan selama proses pembangunannya.

“Nanti [jika ditunda] pelayanan tol juga akan terganggu, iklim investasinya juga terganggu,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kementerian PUPR menyebut ada 11 ruas jalan tol yang dijadwalkan untuk dilakukan penyesuaian tarif hingga akhir tahun mendatang.

“Ada 11 rencana penyesuaian tarif tol sampai dengan akhir tahun,” ujar Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Pantja Dharma Oetojo.

Baca Juga: Jokowi Resmikan Tol Cibitung – Cilincing Sepanjang 27,2 Kilometer

Berdasarkan catatan Bisnis.com, sepanjang tahun ini sejumlah ruas jalan tol yang telah mengalami penyesuaian tarif di antaranya adalah Jalan Tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa, Jalan Tol Surabaya-Mojokerto, Jalan Tol Gempol-Pandaan, Jalan Tol Soreang-Pasir Koja, Jalan Tol Cikampek Palimanan, dan Jalan Tol Pondok Aren-Serpong.

Sementara itu, ruas-ruas yang telah dijadwalkan sejak tahun lalu untuk penyesuaian tarif di antaranya adalah Jalan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi, Jalan Tol Kunciran-Serpong, Jalan Tol Tangerang-Merak,dan Jalan Tol Pandaan-Malang.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Menteri PUPR Pastikan Tak akan Menunda Penyesuaian Tarif Tol

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya