SOLOPOS.COM - Minyak goreng (freepik.com)

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi menyatakan stok minyak goreng curah di pasaran masih aman. Hal ini menanggapi kondisi kurangnya pasokan minyak goreng kemasan yang akhirnya menjadi langka.

“Hasil pemantauan kami diberbagai tempat, untuk minyak goreng curah ini tidak ada masalah dan stoknya tersedia. Yang kurang itu minyak goreng kemasan,” ujar Muhammad Lutfi di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (17/2/2022), sebagaimana dikabarkan Antara.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ia mengatakan umumnya masyarakat lebih banyak membeli minyak goreng paket sederhana dan premium atau kemasan karena dianggap lebih praktis dan higienis.

Baca juga: Minyak Goreng Palsu Beredar di Kudus, Pengusaha Kerupuk Jadi Korban

Sementara minyak goreng curah yang harganya lebih murah itu hanya diminati oleh sedikit kalangan masyarakat tertentu saja. Meski demikian sejak pasokan minyak goreng kemasan langka di pasaran, harga minyak goreng curah pun melambung, dari harga Rp11.500 menjadi Rp15.000 per liter.

“Minyak goreng curah dengan harga terjangkau tetap ada, yang tidak ada itu paket premium dan sederhana. Kelancaran operasinya itu terganggu dan ini kembali mulai lancar,” katanya.

Berdasarkan pantauan, hampir setiap pedagang di pasar tradisional yang menjual minyak goreng, memiliki stok minyak curah. Sementara stok paket kemasan umumnya tidak dijual karena minimnya pasokan.

Baca juga: Sidak ke Makassar, Mendag Janji Pasokan Minyak Goreng segera Normal

Mayoritas pedagang menjual minyak goreng curah seharga Rp15.000 per liter. Namun seiring membaiknya rantai pasokan minyak goreng, harga minyak goreng curah akan kembali turun di harga Rp13.000 per liter.

“Hari ini saya menjualnya Rp13.000 per liternya. Kalau saya sendiri membeli minyak goreng curah ini Rp12.900 per kilogram dan saya jual per liter,” kata Dahlia salah seorang pedagang di Pasar Terong Makassar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya