SOLOPOS.COM - Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Jaswandi (kiri) menyalami prajurit Yonif 408/Suhbrastha di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Sabtu (19/3/2016). (JIBI/Solopos/Antara/Aditya Pradana Putra)

Mental prajurit TNI terus ditingkatkan

Harianjogja.com, SLEMAN – Ratusan anggota TNI dari tiga matra mengikuti ceramah pembinaan mental di Gedung Serbaguna Lanud Adisutjipto, Kamis (21/7/2016). Ceramah yang diisi oleh Tim Pembinaan Mental dari Mabes TNI.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sespus Pusbintal Mabes TNI Kolonel Sus Kemalsyah menjelaskan, ada empat indikator pembinaan mental TNI, yaitu mental rohani, mental Idiologi, mental tradisi kejuangan, dan mental psikologi. Keempatnya mutlak dibutuhkan untuk mewujudkan mental prajurit TNI yang berakhlak baik dan memiliki semangat juang yang tinggi.

Ekspedisi Mudik 2024

“Manusia tidak ada yang mengetahui apa yang akan terjadi waktu ke depan. Oleh karena itu kata kunci hidup adalah bersyukur dan ibadah, ini adalah konskuensi hidup,” terang Kemalsyah dalam rilis kepada Harianjogja.com, Kamis (21/7/2016).

Kasi Pelaksana Bintal Pusbintal TNI Mayor Laut Oon Fauzi menambahkan, terkait empat unsur pokok tugas pembinaan mental TNI yaitu fisik, intelektual dan mental. Pembinaan mental harus dilaksanakan terus menerus, terpadu, dan konsisten. Tanpu upaya itu maka akan berpotensi timbulnya berbagai pelanggaran.

“Pembinaan mental ini sekaligus untuk memberikan pencerahan kepada para anggota yang nantinya akan terbentuk prajurit Saptamarga yang profesional dengan memiliki moralitas yang tinggi, sadar hukum, sehat dan sejahtera sehingga siap untuk menyukseskan setiap tugas yang diembannya,” urai dia.

Sementara itu Danlanud Adisutjipto Marsma TNI Imran Baidirus yang memberi sambutan dalam pembinaan mental itu mengimbau kepada para anggota untuk saling menghargai kebebasan beragama. Karena kepercayaan setiap orang pasti berbeda, oleh karena itu toleransi harus dikedapankan.

“Pembinaan mental ini bisa membentuk sumber daya manusia TNI, agar berjiwa disiplin serta patuh terhadap agama dan hukum yang berlaku, yang diharapkan akan menunjang pelaksanaan tugas satuan dengan benar dan tepat tanpa mengabaikan tujuan utama yang hendak dicapai,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya