top ear
Dokter di Rumah Sakit (RS) JIH Solo, dr. Sri Purwatiningsih Sp.OG (istimewa)
  • SOLOPOS.COM
    Dokter di Rumah Sakit (RS) JIH Solo, dr. Sri Purwatiningsih Sp.OG (istimewa)

Menstruasi Menunjukkan Organ Reproduksi Berfungsi

Gangguan haid atau menstruasi pada wanita cukup beragam, di antaranya adalah siklus yang tidak teratur atau berdurasi lama.
Diterbitkan Rabu, 7/10/2020 - 11:01 WIB
oleh Solopos.com/BC
2 menit baca

Solopos.com, SOLO–Gangguan haid atau menstruasi pada wanita cukup beragam, di antaranya adalah siklus yang tidak teratur atau berdurasi lama.

Namun dokter di Rumah Sakit (RS) JIH Solo, dr. Sri Purwatiningsih Sp.OG mengatakan bahwa tidak semua wanita mengalami gangguan tersebut.

Biasanya, gangguan seperti ini dialami oleh wanita usia remaja atau setelah usia 40 tahun. Faktor penyebabnya pun ada banyak, antara lain kegemukan, hormonal, alat kontrasepsi yang digunakan, dan sebagainya.

Jangan Grogi, 6 Hal Ini Bisa Bikin Public Speaking Makin Keren

Pada wanita usia remaja biasanya gangguan disebabkan perubahan hormonal karena situasi yang dialaminya. Misalnya pada saat mereka akan menempuh suatu ujian, sehingga menstruasinya menjadi tidak teratur intensitas maupun durasinya.

Menurut dokter yang akrab disapa dr. Cici ini, gangguan menstruasi pada usia remaja ini tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Sebab di usia mereka, yang terpenting adalah bahwa mereka sudah mengalami menstruasi. Ini menunjukkan bahwa organ reproduksinya lengkap dan berfungsi.

Anemia

Menstruasi ini asalnya dari rahim. Di dalam rahim ini ada dinding yang memproduksi indung telur yang kemudian meluruh menjadi menstruasi. Cuma mungkin ada stres yang membuat mereka mengalami gangguan.

Yang perlu dikhawatirkan adalah ketika gangguan ini menyebabkan anemia atau kurang darah yang gejalanya antara lain lemah, letih, lesu, dan wajah pucat.

5 Hal Wajib Yang Harus Kamu Lakukan Bersama Sahabat

Namun demikian jika gangguan menstruasi terjadi, lebih baik dikonsultasikan kepada sumber yang benar yaitu dokter. Dokter akan memeriksa apakah gangguan perlu penanganan atau tidak.

Apalagi saat ini masyarakat sudah terbuka dan tidak malu-malu lagi untuk menyampaikan keluhan-keluhan mereka. Berbeda dengan zaman dahulu, wanita usia remaja merasa malu ke dokter kandungan sehingga ketika ada gangguan, mereka memilih menahan/menyembunyikannya.

Jika ingin berkonsultasi lebih lanjut atau melakukan pemeriksaan, masyarakat bisa datang ke Rumah Sakit JIH Solo beralamat di Jl.Adisucipto 118, Jajar, Solo. Masyarakat juga bosa menghubungi nomor telepon (0271)7469100 atau telepon seluler +6281911500805 atau lewat media sosial Instagram @rs.jihsolo dan Twitter rsJIHSolo.


Editor : Profile Anik Sulistyawati
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com


berita terkait

berita terpopuler

Iklan Baris

Properti Solo & Jogja

berita terkini