SOLOPOS.COM - Race control building di Sirkuit Mandalika. (Instagram/@itdc_id)

Solopos.com, LOMBOK — Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Indonesia, Zainudin Amali, yakin MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika tetap berjalan sesuai rencana. Meskipun saat ini Indonesia mendapat teguran dari Badan Anti-Doping Dunia (WADA) dan terancam sanksi tidak bisa menggelar evet berkelas dunia.

Meski demikian, Menpora memastikan MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika akan tetap berjalan karena Indonesia belum sampai di-banned WADA.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Saya yakin semua itu masih bisa dilakukan. Indonesia belum dilarang jadi masih bisa melakukan kegiatan olahraga. Jangan dibayangkan Indonesia tidak boleh menyelenggarakan kompetisi internasional atau mengirim atlet ke luar negeri,” kata Amali dilansir Okezone dari Motorsport, Minggu (10/10/2021).

Baca juga: Telaga Sarangan Kering, Jadi Mirip Pantai Lur!

Menpora menyebut teguran WADA itu merupakan konsekuensi kelalaian dari pihaknya. Namun dia mengklaim Indonesia diberikan waktu untuk mengklarifikasi masalah yang ada.

“Teguran ini merupakan konsekuensi dari ketidakpatuhan dan sekarang kami diberikan kesemparan untuk klarifikasi. Walaupun terlambat, tetapi kami usahakan dan WADA juga memberi waktu untuk memberikan surat klarifikasi,” lanjut Zainudin Amali.

Baca juga: Sirkuit Mandalika Siap Gelar Balapan, Pariwisata Lombok Bangkit

Dia menambahkan Indonesia masih memiliki cukup waktu untuk mengklarifikasi masalah tersebut kepada WADA. Pihaknya pun bergerak cepat untuk menyelesaikan masalah tersebut.

“Kami memiliki waktu 21 hari untuk mengklarifikasi surat yang kami dapatkan. Kami gerak cepat. Hari ini, kami langsung koordinasi dengan lembaga antidoping Indonesia, di mana posisi kami sampai dikatakan tidak patuh,” imbuhnya.

Saat ini pihak Kemenpora telah berkoordinasi dengan Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI) untuk mengatasi masalah tersebut. Mereka berharap masalah ini segera selesai dan teguran dari WADA tidak mengganggu rencana Indonesia sebagai tuan rumah MotoGP 2022 dan sejumlah ajang internasional lainnya di dunia olahraga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya