SOLOPOS.COM - Menpora Zainudin Amali (ledua dari kiri) didampingi Ketua INASPOC Gibran Rakabuming Raka (paling kiri) saat mengunjungi para atlet atletik memberikan semangat sebelum bertanding dalam APG XI 2022, di Stadion Manahan Solo, Senin (18/7/2022). (Antara/Bambang Dwi Marwoto)

Solopos.com, SOLO – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali optimistis setelah melihat persiapan arena pertandingan dan atlet National Paralympic Committee (NPC) Indonesia dalam penyelenggaraan ASEAN Para Games (APG) XI 2022 di Solo, Jawa Tengah, 30 Juli-6 Agustus 2022.

“Kami setelah melihat langsung persiapan beberapa arena pertandingan dan para atlet APG XI 2022 di Solo, pelaksanaan bakal berjalan baik dan sukses prestasi,” kata Menpora saat meninjau beberapa arena ASEAN Para Games 2022, di Solo, Senin (18/7/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menpora yang didampingi Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka selaku Ketua Indonesia ASEAN Para Games Organizing Comittee (INASPOC); Ketua Umum NPC Indonesia, Senny Marbun; dan Wakil Ketua Chief de Mission (CDM) kontingen Indonesia untuk ASEAN Para Games XI 2022, Prihatin, meninjau arena cabang atletik di Stadion Manahan, arena tenis lapangan di Kompleks Stadion Manahan, dan arena boccia di GOR FKOR Universitas Sebelas Maret (UNS).

Menpora bersama rombongan kemudian meninjau arena cabang olahraga goalball di GOR UNS dan arena cabang sepak bola CP di Stadion UNS.

Menpora mengatakan setelah melihat langsung beberapa arena yang bakal digunakan pertandingan ASEAN Para Games XI 2022 di Solo meski dilaksanakan secara mendadak, tetapi karena sudah terbiasa melakukan pekerjaan event seperti ini, sehingga tidak terlalu sulit bagi Indonesia untuk mempersiapkan diri. “Kami berterima kasih kepada Wali Kota Gibran Rakabuming Raka beserta Pemerintah Kota Surakarta yang luar biasa dalam waktu yang singkat mempersiapkan pelaksanaan APG ini dengan baik,” kata Menpora.

Baca Juga: Menteri PUPR Cek Lapangan Tenis Manahan, Ini Hasilnya

Menpora optimistis pemerintah pusat, khususnya Presiden Jokowi berharap pelaksanaan ASEAN Para Games yang kedua kalinya di Solo, bisa sukses tentunya bantuan dari teman-teman BUMN yang diberikan tugas untuk membantu menyelesaikan infrastruktur untuk arena pertandingan ASEAN Para Games 2022.

Begitu juga, yang dilakukan oleh Ketua Umum NPC Indonesia, Senny Marbun, karena pihaknya melihat langsung latihan para atlet Indonesia bersemangat seperti cabang olahraga atletik, tenis lapangan, dan boccia. “Saya kira ini menjadi menambah optimistis kita. Insya Allah Indonesia bisa menjadi penyelenggara dan prestasi yang baik,” kata Menpora.

Sementara itu, Ketua INASPOC Gibran Rakabuming Raka mengatakan setelah keliling ke beberapa arena pertandingan dan sudah sangat siap sekali, begitu juga para atlet juga sangat siap. Panitia ini, sekarang fokus untuk melatih para relawan (volunteer), persiapan pawai obor api ASEAN Para Games 2022, dan acara pembukaan seremonial ASEAN Para Games 2022.

Baca Juga: Ribuan Aremania Tumpah Ruah Sambut Kedatangan Sang Juara

Bahkan, panitia juga sudah melakukan persiapan untuk menyambut kedatangan para atlet bersama kontingen pada tanggal 26 Juli mendatang. “Kami terima kasih Solo dijadikan tuan rumah ASEAN Para Games yang kedua kalinya, sebelumnya pada 2011 dan kini 2022,” kata Gibran.

Sementara itu, panitia ASEAN Para Games XI 2022 telah menyiapkan 14 arena cabang olahraga di ASEAN Para Games XI di Solo Jateng yakni cabang olahraga atletik di Stadion Manahan Solo, boccia (GOR FKOR UNS), panahan (Lapangan Kota Barat), judo (Tirtonadi Convention Hall), angkat berat (Hotel Solo Paragon), renang (GOR Jati Diri Semarang), tenis meja (Solo Techno Park), tenis lapangan (Manahan Solo), catur (Hotel Dwangsa Solo), goalball (GOR UNS), bulu tangkis (Edutorium UMS), sepak bola CP (Stadion UNS), Basket (GOR Sritex) dan voli duduk (GOR UTP).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya