SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksinasi Covid-19. (Freepik.com)

Solopos.com, JAKARTA-- Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemepora) akan melakukan vaksinasi 820 atlet, pelatih dan tenaga pendukung akan dilakukan vaksinasi dari tahap pertama di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (26/2/2021) ini.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan, dari jumlah tersebut atlet dan tenaga pendukung yang diprioritaskan adalah mereka yang segera mengikuti event olahraga nasional maupun internasional.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Vaksinasi itu terdiri dari cabor-cabor yang kita sudah inventarisasi. Jumlahnya kira-kira sekira 820-an. Tempatnya akan kita lakukan di GBK, tempatnya di Istora Senayan,” kata Menpora Amali di Jakarta, Kamis (25/2/2021) dalam rilis yang diterima Solopos.com.

Baca Juga: MU Melaju Ke 16 Besar Liga Europa Meski Hanya Main Imbang Lawan Sociedad

Menurut Menpora Amali, untuk event nasional atlet yang diprioritaskan dilakukan vaksin adalah mereka yang akan tampil di sepak bola Piala Menpora dan bola basket atau Indonesian Basketball League (IBL) yang mulai bergulir Maret mendatang. Sementara event internasional adalah mereka yang akan mengikuti Olimpiade dan Sea Games.

“Selain itu atlet yang bertanding di dalam (negeri) contohnya sebentar lagi akan ada kompetisi sepakbola, nah itu kita masukan dalam daftar yang kita prioritaskan vaksin, begitu juga dengan basket,” kata Menpora Amali.

Untuk tahap selanjutnya, vaksinasi akan dilakukan untuk atlet pelatih dan tenaga pendukung cabang olahraga yang akan mengikuti Pekan Olaharga Nasional (PON).

Baca Juga: AC Milan Lolos Ke 16 Besar Meski Hanya Main Imbang 1-1 Lawan Red Star

Saat ini mereka masih berada di daerah masing-masing dan pihak Kemenpora akan berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan di pusat dan Dinas Keheranan di daerah.

"Rencananya akan kita jangkau sampai mereka yang ikut PON yang ada di Provinsi-Provinsi. Mudah-mudahan pendataannya tidak ada kesulitan karena data atlet kan sudah ada, apalagi mereka yang ada di Pelatnas itu lebih gampang lagi,” ujar dia.

Baca Juga: Pembukaan Piala Menpora 2021 Digelar Di Kota Solo

Menpora Amali meminta protokol kesehatan ketat dijalankan selama pemberian vaksinasi terhadap atlet, pelatih, dan pendukung. Mengingat, pemberian vaksinasi Covid-19 akan diikuti oleh ratusan peserta.

“Karena pesertanya banyak, kita masih dalam situasi pandemi, kita harus juga tetap protokol kesehatannya dijalankan, physical distancingnya juga kita dilakukan, sehingga tidak ada yang berdesak-desakan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya